Zoom Kurang Aman, Disdik Kutim Gunakan Aplikasi Ini untuk Rapat Virtual

Halokaltim.com – Dinas Pendidikan (Disdik) Kutai Timur (Kutim) yang kerap melakukan rapat virtual selama masa pandemi covid-19, mulanya menggunakan aplikasi ‘zoom’ sebagai media. Namun setelah aplikasi tersebut menuai kontrofersi, kini Disdik Kutim beralih media.

Seperti diketahui, aplikasi zoom, yang juga menjadi aplikasi paling popular di tengah pandemic covid-19 saat ini, isunya memiliki gangguan privasi para penggunanya.

Kadisdik Kutim Roma Malau menjelaskan, pihaknya merasa terganggu dengan pemberitaan yang ada, mengenai rancunya dalam penggunaan aplikasi zoom. Lantas Disdik segera mencari software pengganti.

“Kami sekarang sudah gunakan aplikasi lain yang lebih aman untuk melakukan rapat virtual. Sebab pekerjaan kami akan terganggu bila aplikasi yang kami gunakan juga bermasalah,” ungkap Roma.

Kepala Bidang Peningkatan Mutu Pendidik dan Tenaga Kependidikan Disdik Kutim, Abbas Husaini menambahkan, persoalan terkait aplikasi tersebut adalah bahwa encrypt dari zoom tidak cukup aman untuk digunakan. Itu beresiko, karena data pribadi para penggunanya bakal mudah dicuri.

“Untuk itu, kami dan tim teknis Disdik Kutim mau beralih menggunakan aplikasi buatan Microsoft saja,” ungkap Abbas. (adv/ash)