Libur Sekolah, Kadisdik Imbau Guru dan Siswa Terapkan Social Distancing

Halokaltim.com – Libur sekolah dalam rangka menghindari wabah covid-19 di Kutai Timur (Kutim) masih berlangsung. Pub begitu, para guru dan siswa yang berada di rumah masing-masing diimbau untuk tetap menerapkan social distancing.

Hal itu disampaikan Kadisdik Kutim Roma Malau, usai menghadiri acara konferensi pers dan teleconference Pemkab Kutim yang dipimpin Bupati Ismunandar, di Kantor Diskominfo Perstik Kutim, Komplek Bukit Pelangi Sangatta, Kamis (9/4/20) sore.

Menurut Roma, imbauan untuk menerapkan social distancing tersebut adalah perintah dari Presiden RI Joko Widodo (Jokowi). Bahwa, masyarakat saat ini sudah benar-benar harus menerapkan pola hidup sehat melawan virus corona disease (covid-19) dengan menjaga jarak antar orang setidaknya 1 meter, atau disebut social distancing.

“Saat ini Bapak Presiden Joko Widodo telah memberi instruksi kepada semua pemerintah daerah se-Indonesia, termasuk Kutai Timur, agar kita mendukung program pusat untuk menerapkan social distancing berskala besar. Hal itu juga telah sampai ke Bapak Bupati Kutim Ismunandar,” ungkap Roma kepada jurnalis halokaltim.com melalui wawancara virtual, Kamis (9/4/20) sore.

Adapun penerapan di lapangan, tegas Roma, siswa dan guru yang sedang diliburkan dari aktivitas belajar-mengajar tetap menjaga jarak saat di rumah. Terutama ketika terpaksa keluar rumah.

“Ketika di dalam rumah juga perlu diupayakan untuk tetap menjaga kebersihan diri dengan rajin mencuci tangan, mendi dua kali sehari, dan mengganti pakaian ketika baru pulang dari luar rumah, dan terus gunakan masker,” ungkap Roma. (adv/ash)