Dinsos Kutim Segera Salurkan Bantuan Sosial Covid-19, Masyarakat Diminta Bersabar Menunggu di Rumah

Halokaltim.com – Sesuai arahan Presiden Joko Widodo (Jokowi), setiap pemerintah daerah diminta untuk memberikan bantuan sosial kepada masyarakat kelas menengah ke bawah. Yakni, dalam rangka membantu masyarakat yang terdampak wabah covid-19 karena aktivitas mencari rezeki terhambat.

Dinas Sosial Kutai Timur (Kutim) saat ini telah menyiapkan sekira 18 ribu paket sembako yang akan dibagikan sebagai bantuan sosial kepada masyarakat Kutim.

Hal tersebut diungkapkan Jamiatulkhair ketika menghadiri rapat koordinasi dan evaluasi percepatan gugus Satgas Covid-19 Kutim, di Kantor BPBD Kutim, Jl Soekarno-Hatta, Kecamatan Sangatta Utara, Kutim, Rabu (1/4/20) pukul 10.00 Wita.

“Jumlah warga yang mendaftar untuk diberikan bantuan sosial sudah kami data bersama tim dengan bantuan tiap RT, Desa, dan kelurahan serta kecamatan,” ungkap lelaki yang akrab disapa Jami itu.

Masyarakat, lanjut Jami, diminta untuk bersabar dan menunggu di rumah saja. Sebab sesuai anjuran pemerintah agar masyarakat melakukan social distancing dan hanya berada di rumah saja.

“Ini adalah kepentingan bersama. Kami Dinas Sosial sebagai perpanjangtanganan Pemkab Kutim akan membantu menyalurkan sembako yang telah disiapkan itu kepada masyarakat,” ucap Jami di hadapan bupati, wakil bupati, ketua Satgas Covid-19, dan sejumlah hadirin rapat koordinasi tersebut.

Dia menegaskan, sudah menyiapkan bantuan sosial sembako tersebut. Dalam waktu dekat akan didistribusikan ke masyarakat secara langsung ke rumah-rumah warga secara door to door.

Sementara itu, Bupati Kutim Ismunandar mengatakan, bantuan tersebut memang harus disosialisasikan kepada masyarakat. Bahwa mereka sudah didata dan tidak perlu khawatir.

“Yang jelas harus ditegaskan kepada warga, bahwa bantuan akan diberikan kepada semua masyarakat yang tak mampu dan sudah didata oleh pemerintah,” ungkap lelaki yang karib disapa Ismu itu. (adv/ash)