Kodim 0909 Sangatta Gelar Lomba Ketangkasan Baris-Berbaris, Siswa Peserta Punya Style Bersemangat

Halokaltim.com – Ratusan siswa dari berbagai SMP dan SMA/K se-Kutai Timur (Kutim) saling adu ketangkasan baris-berbaris, di Makoramil 0909-01 Sangatta, Jl Jenderal Sudirman, Kecamatan Sangatta Utara, Kutim, Kamis (6/2/20) pagi. Acara yang digagas Kodim 0909 Sangatta tersebut diikuti 20 lebih SMP dan SMA.

Ketika unjuk gigi di halaman utama Makoramil 0909-01 Sangatta, masing-masing peserta menampilkan ketangkasan yang matang. Dalam hal bergerakjalan, tiap tim punya gaya masing-masing yang membuat mata penonton termanjakan. Ragam gerak yang seirama dan unik, disertai yel-yel, menjadikan acara ini semakin seru.

Kasdim 0909/Sgt Mayor Inf Ahmad Albar dalam sambutannya mengatakan, lomba baris-berbaris ini dilaksanakan untuk memberikan kegiatan yang positif, mental, kekompakan dan ajang persahabatan antar sekolah dan siswa.

“Terimakasih atas partisipasinya. Kami berharap selama kegiatan kita semua bisa menjunjung tinggi sportifitas,” ucap Albar.

Wakil Bupati Kutim Kasmidi Bulang yang hadir dalam kegiatan tersebut turut menyampaikan pidato. Dia mengatakan, kegiatan ini bertujuan mengangkat kebanggaan diri sendiri, sekolah, kecamatan, sekaligus ajang silahturami antar siswa.

“Semoga event ini dijadikan agenda tahunan, sebagai semangat untuk mengangkat nama sekolah maupun Kabupaten Kutai Timur, pemuda-pemudi harus siap, atas nama pemerintah daerah kami memberikan apresiasi kepada TNI AD dalam membina dan membentuk karakter. Terimakasih juga kepada pihak sekolah yang ikut serta dalam lomba ketangkasan baris-berbaris ini,” ucap Kasmidi.

Selain Kasmidi, pembukaan lomba tersebut juga dihadiri oleh Kadisdik Kutim Roma Malau, Kapolsek Sangatta AKP Selamet Riyadi, Camat Sangatta Selatan Hj Hasdiah, dan Camat Sangatta Utara M Basuni. Serta para perwira seksi (Pasi) Kodim dan Danramil jajaran Kodim 0909/Sgt, para guru, serta 50-an tamu undangan dan perwakilan sekolah.

Dalam laporan panitia, Danramil 0909-01 Sangatta Kapten Inf Arif Safardiyatno menyampaikan, yakni mengenai sosialisasi Peraturan Panglima TNI Nomor 46 Tahun 2014 tentang Peraturan Baris Berbaris.

“Tujuan sebagai pedoman dalam merencanakan, menyiapkan dan melaksanakan kegiatan penyelenggaraan lomba PBB (peraturan baris-berbaris), sehingga dapat mencapai hasil yang optimal sesuai dengan tujuan dan sasaran yang telah ditentukan,” papar Arif dalam pembukaan acara tersebut. (ash)