Cegah Penyakit, Koramil 0909-01 Sangatta Fogging di Lingkungan Warga

Halokaltim.com – Bintara Pembina Desa (Babinsa) Jajaran Koramil 0909-01 Sangatta melakukan fogging bersama warga Desa Rantau Makmur, Kecamatan Rantau Pulung, Kutai Timur (Kutim). Hal ini upaya mewujudkan kemanunggalan TNI-rakyat.

Koramil 0909-01 Sangatta bergerak melalui Babinsa Serka Ansar, Serka Safarudin, dan Serka Napianur. Bersama warga setempat, mereka melakukan Fogging atau pengasapan.

Danramil 0909-01 Sangatta Kapten Inf Arif Safardiyatno menjelaskan, pengasapan atau fogging ini dilakukan untuk mencegah penyakit demam berdarah atau malaria. Mengingat saat ini telah memasuki musim penghujan.

“Maka apabila tidak dilakukan pengasapan dapat mengakibatkan hal-hal yang tidak diinginkan. Selain itu, juga meningkatkan kebersihan di seluruh Desa Rantau Pulung,” ungkap Arif.

Dia menegaskan, TNI berasal dari rakyat dan akan selalu manunggal dengan rakyat. Tugas pokok TNI selain melakukan operasi militer perang (OMP) juga melaksanakan operasi militer selain perang (OMSP), di antaranya turut serta membantu pemerintah daerah dan masyarakat dalam rangka mempercepat pembangunan. Khususnya di wilayah desa.

“Kami berharap hubungan sosial dan kerjasama antara warga, pemerintah desa, dan TNI khususnya Babinsa, dapat selalu terjalin dengan baik dan erat. Dengan begitu kemanunggalan TNI dengan rakyat dapat tercipta demi kondusifitas wilayah,” ungkap Arif. (ash)