Desa Manunggal Jaya Terus Membenahi Infrastuktur Pertanian

Kepala Desa Manunggal Jaya, Sukemi (*/ist)

Halokaltim, Tenggarong Seberang – Hasil sektor pertanian adalah salah satu pemasukan utama warga Desa Manunggal Jaya, Kecamatan Tenggarong Seberang, Kutai Kartanegara. Sebab hampir seluruh penduduk desa, mayoritas berprofesi sebagai petani padi sawah maupun holtikultura.

Memastikan eksistensi kawasan pertanian dan pemasukan petani desa itu meningkat pada 2024, pemerintah setempat saat ini berusaha meningkatkan infrastuktur pertanian di Manunggal Jaya. Salah satu cara pilihan yakni melakukan normalisasi irigasi sepanjang 1 kilometer.

Hal tersebut disampaikan langsung oleh Kepala Desa Manunggal Jaya, Sukemi, ia menjelaskan normalisasi aliran irigasi yang tengah berlangsung sekarang memiliki sejumlah manfaat. Antara dari manfaat itu, memastikan irigasi dan pengiran pertanian setempat selalu berfungsi optimal. Hal itu sekaligus memastikan agar petani di Manunggal Jaya tidak memiliki kendala dalam proses usaha tani.

“Sebab itu normalisasi di lakukan pemerintah desa sekarang, agar mempermudah aliran air menuju lokasi pertanian warga,” ungkap Sukemi, pada Rabu, 8 Mei 2024.

Pria itu kemudian menjelaskan, normalisasi aliran irigasi itu juga merupakan rencana desa untuk meningkatkan hasil produksi pertanian setempat. Sebab sebagai tujuan akhirnya diharap pendapatan petani Manunggal Jaya, turut ikut meningkat.

Sementara untuk memuluskan proses normalisasi aliran irigasi, pemerintah desa menggunakan anggaran pendapatan dan belanja daerah (APBD). “Ditarget seluruh normalisasi aliran irigasi pertanian desa, selesai tahun ini,” akhirinya. (*adv/diskominfokukar)