Wow! Mahasiswa dan Murid PAUD Paling Sering Kunjungi DPK Kaltim

Halokaltim – Tingkat kunjungan pembaca ke kantor Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Daerah Kalimantan Timur di Jalan Ir H Juanda, Kota Samarinda, terus meningkat. Mayoritas pengunjung atau pembaca yang datang adalah mahasiswa dan pelajar.

“Mahasiswa adalah pengunjung terbesar kami pada saat ini, disusul oleh adik-adik dari sekolah PAUD, TK sampai SMA juga ramai melakukan kunjungan. Hampir setiap hari kami mendapatkan kunjungan dari sekolah,” ujar Mustika Wati, Kepala Bidang Layanan dan Otomasi, DPK Kaltim.

Mustika Wati menyebutkan, sebenarnya pada saat pandemi Covid-19, kunjungan pembaca yang masuk melalui layanan aplikasi yang dimiliki DPK Kaltim juga meningkat. Karena pada saat pandmi Covid-19 terjadi pembatasan masyarakat untuk berkegiatan dan beraktivitas di luar ruangan dan berkumpul dengan banyak orang.

Setelah pandemi, lanjutnya, pengunjung tidak hanya datang langsung ke perpustakaan, tetapi juga banyak yang mengakses aplikasi iKaltim yang disiapkan DPK Kaltim. Ini dirasakan oleh pustakawan sangat membantu karena tidak perlu repot ke perpustakaan namun dapat diakses dari mana saja.

“Pada Oktober 2021 kan masih ada pembatasan, tapi saat itu pengunjung yang masuk ke aplikasi kita sekitar lebih dari 100 orang per hari, itu mereka masuk di iKaltim,” jelasnya.

Dikatakan Mustika Wati, mayoritas buku-buku yang dicari oleh pemustaka melalui aplikasi iKaltim adalah buku-buku yang terkait dengan buku pelajaran baik pelajaran di sekolah maupun pelajaran di kampus.

Di iKaltim itu biasanya buku-buku digunakan yang biasa dicari mahasiswa, karena banyak membantu dalam mengerjakan tugas-tugas akhir mashaiswa dan pelajar lain yang memerlukan bacaan.

“Dengan menggunakan aplikasi bisa memberikan kemudahan pada pemustaka untuk mendapat bahan bacaan, terlebih di masa pandemi, aplikasi yang kami siapkan sangat membantu pembaca, karena saat pandemi layanan perpustakaan tidak dibuka dan kami hanya memberikan layanan online atau daring saja,” jelas Mustika Wati.