Tahun Depan, Dispustakar Balikpapan Tambah Koleksi Buku

Halokaltim – Dinas Perpustakaan dan Arsip (Dispustakar) Kota Balikpapan bakal menambah koleksi bukunya. Rencananya penambahan koleksi buku itu dilaksanakan melalui Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Kota Balikpapan tahun 2024 mendatang.

Kepala Bidang (Kabid) Perpustakaan, Dispustakar Kota Balikpapan Kartini mewakili Kepala Dinas Elvin Junaedi mengatakan, Dispustakar Kota Balikpapan telah menganggarkan sekitar Rp400 juta untuk pengadaan buku, baik secara fisik maupun digital. Ia merincikan, sekitar Rp200 juta untuk pengadaan e-book atau buku digital yang bisa diakses melalui laman e-Balikpapan.

Untuk mewujudkan hal itu, Dispustakar Kota Balikpapan akan bekerja sama Aksaramaya. Aksaramaya merupakan pengembang platform teknologi untuk membangun ekosistem konten digital di Indonesia. “Kemudian untuk pengadaan buku tercetak juga Rp200 juta. Tapi saat ini belum dilaksanakan, karena masih dalam tahap perencanaan,” ujar Kartini, ditemui di kantor Dispustakar Kota Balikpapan, Jalan Kapten Piere Tendean 1 kawasan Gunung Pasir.

Menurutnya, pengadaan buku merupakan program Dispustakar Kota Balikpapan untuk meningkatkan literasi masyarakat Kota Beriman. Hal ini juga menjadi langkah pengembangan koleksi Dispustakar Kota Balikpapan. “Untuk tema-tema buku, kami sesuaikan dengan kebutuhan masyarakat melalui link (tautan) yang sudah kami sebar.

Baik untuk perguruan tinggi, sekolah-sekolah hingga masyarakat umum. Jadi atas dasar itu kami melakukan pengadaan buku. Sesuai dengan kebutuhan masyarakat,” ulasnya.

Ya, perpustakaan Kota Balikpapan selama ini sudah menjadi rujukan para mahasiswa, tenaga ahli dari berbagai disiplin ilmu untuk mendapatkan informasi sesuai bidangnya masing-masing. Adapun jumlah koleksi buku di perpustakaan Kota Balikpapan telah mencapai 108 ribu judul. Sementara untuk e-Book, jumlah koleksi bukunya telah mencapai 18 ribu judul.

Sehingga total keseluruhan koleksi buku mencapa 126 ribu judul. Itu terdiri dari semua disiplin ilmu. Tersedia juga surat kabar dalam bentuk fisik dan digital. Ia berharap penambahan buku koleksi perpustakaan daerah dapat memicu peningkatan minat baca bagi seluruh masyarakat Kota Beriman. (adv)