Perkaya Keilmuan Matematika, Kunjungi Perpustakaan Kaltim

Halokaltim – Sebagai kiblat perpustakaan di provinsi Kalimantan Timur. Perpustakaan Kaltim dibawah Dinas Perpustakaan dan Kearsipan (DPK) Kaltim memiliki koleksi lebih lengkap dan jumlah yang banyak.

Baik bersumber dari pengadaan maupun sumbangan-sumbangan termasuk sumbangan para penulis buku atau tim peneliti. Salah satunya di Perpustakaan Kaltim ini, bagi mereka yang ingin memperkaya keilmuan matematikanya, di gedung berlantai 3 ini memiliki buku berjudul “Geometri Analitis: Koordinat Kartesius dan Kutub Pada Bidang Euclid”.

Hal ini dikemukakan Pustakawan DPK Kaltim Patimah Irny  kepada wartawan di ruang Perpustakaan Kaltim Jalan Juanda Samarinda, Kamis (26/10/2023).

Menurut Patimah, para pemustaka bisa langsung datang ke Perpustakaan Kaltim jika ingin menambah dan memperkaya keilmuan matematika yang merupakan rumpun ilmu yang aplikatif pada kehidupan sehari-hari.

“Buku ini disumbangkan Tim akademisi Universitas Mulawarman (Unmul) pada bulan Juli tadi,” ungkap Patimah. Tim akademisi tersebut terdiri dari Nanda Arista Rizki dan Anggara Duta Medika.

Dikatakan Patimah, tim akademisi tersebut berharap buku itu dapat dibaca dan bermanfaat untuk pemustaka, khususnya kepada pelajar dan mahasiswa yang mengunjungi perpustakaan.

“Kehadiran buku ini diharapkan sebagai upaya perluasan literasi matematika bagi masyarakat dan menambah koleksi DPK Kaltim pada referensi angka atau matematika,” ucap Patimah yang waktu itu menerima langsung buku tersebut dari tim penulis,” katanya.

Menurutnya sumbangan buku dari akademisi Unmul ini menjadi jembatan antara perpustakaan dan instansi pendidikan mewujudkan Kaltim berdaulat melalui cerdas literasi. (Adv_DPK/WM 3)

Deskripsi buku: Buku ini diramu dan dinarasikan sedemikian sehingga pembaca dapat menikmati tahapan sampai terbentuknya suatu persamaan. Mungkin buku ini terlihat berbeda dengan kebanyakan buku yang menegaskan suatu definisi atau teorema. Pembaca buku ini justru memahaminya dengan mengalir.

Gaya penulisan seperti ini terinspirasi dari buku yang ditulis oleh Robert S. Strichartz dengan judul “The Way of Analysis” yang merupakan buku matematika tingkat lanjut namun ditulis seperti novel. Pembaca diajak asyik untuk menikmati komentar mengenai materi yang diberikan. Saat mempelajari buku ini, diharapkan pembaca dapat melatih analisa matematis dalam menurunkan rumus atau persamaan dengan teliti.

Diharapkan buku ini juga dapat melatih fokus dan konsentrasi saat pembaca melakukan proses berpikir. Buku ini merupakan sarana menambah khasanah ilmu pengetahuan untuk materi geometri analitis. Dengan mempelajari buku ini diharapkan dapat membiasakan otak untuk berpikir secara sistematis.(adv/dpkkaltim)