Proyek Pembangunan SPAM di Kecamatan Kaubun Mulai Digarap, Bupati Harap Pengerjaannya Selesai Tepat Waktu

Bupati Kutai Timur, Ardiansyah Sulaiman (*/ist)

Halokaltim – Proyek pembangunan Sistem Penyediaan Air Minum (SPAM) yang akan memasok air bersih perpipaan terhadap empat desa di Kecamatan Kaubun, telah dimulai pengerjaannya oleh pihak pemerintahan terkait Kabupaten Kutai Timur (Kutim), Sabtu (18/11/2023).

Bupati Kutim Ardiansyah Sulaiman menyebut sudah ada pelayanan air bersih di dua desa yaitu Desa Bumi Rapak, Desa Bumi Etam, namun SPAM yang baru dibangun tersebut, nantinya akan menambah cakupan dan lebih meningkatkan pelayanan kepada masyarakat.

“Sedangkan yang terbaru itu Desa Cipta Graha dan Bumi Jaya, ini adalah pelayanan yang terbaru untuk melayani masyarakat yang memang sangat membutuhkan,” ujarnya.

Ardiansyah berharap pembanguan SPAM tersebut dapat terlaksana dengan baik dan tepat waktu mengingat air bersih merupakan kebutuhan minimal masyarakat.

Di sisi lain, kata Ardiansyah, PT PLN Persero. Ia berharap perusahaan penjual jasa listrik tersebut dapat memberikan dukungan alias menghadirkan listrik di wilayah pedesaan untuk menopang pendistribusian air bersih kepada masyarakat.

“Tapi biasanya PDAM memiliki program sendiri untuk mendistribusikan air bersih, itu bisanya pakai genset kalau memang PLN belum ada,” tukasnya.

Ardiansyah menyebut SPAM yang kini mulai dibangun tersebut akan mampu mengalirkan air bersih sebanyak 10 liter per-detik. “Selamat kepada masyarakat empat desa, dan ini luar biasa (SPAM) 10 liter per-detik,” pungkasnya.