Seriusnya Pemkab Kukar Mengendalikan Inflasi Melalui Program Pasar Murah

Halokaltim – Pemerintah Kabupaten Kutai Kartanegara, melalui Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Kukar terus menggulirkan program pasar murah di daerah. Diketahui upaya tersebut dilakukan untuk mengendalikan inflasi harga bahan pokok di tengah masyarakat daerah.

Diketahui baru-baru ini Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kukar pun menggelar kembali pasar murah. Sebagai lokasinya menyasar enam desa pada tiga kecamatan berbeda di Kukar.

Lokasi itu antara lain, Desa Suka Maju dan Tanjung Limau di Kecamatan Marang Kayu. Selanjutnya Desa Sambera Baru dan Makarti Muara Badak, Kecamatan Muara Badak, ditambah Desa Loa Janan Ulu dan Loa Duri Ulu di Kecamatan Loa Janan. Kegiatan tersebut turut dilakukan serentak di sejumlah tempat itu, pada Sabtu, 4 November 2023.

Informasi tersebut disampaikan langsung oleh Kepala Bidang (Kabid) Pasar, Disperindag Kukar, Idar Malik. Ia mengatakan melalui kegiatan pasar murah oleh pemerintah itu, pihaknya berharap setidaknya mencapai dua tujuan. Antaranya mampu mengendalikan inflasi di daerah, serta menyediakan bahan pokok dengan harga terjangkau bagi warga.

“Sebelumnya kita telah berkordinasi dengan Kecamatan, bahwa kecamatan tersebut juga membutuhkan adanya kegiatan operasi pasar murah,” kata Idar.

Selain itu pria tersebut merinci, dalam kurun waktu sepanjang 2023, Pemkab Kukar menarget akan ada 128 titik operasi pasar murah. Sebagai lokasinya akan menyasar seluruh desa di 20 kecamatan di Kukar. Jika di rata-ratakan ucap Idar, akan ada 10 lokasi pasar murah dalam satu hari di Kabupaten Kukar.

“Dengan adanya operasi pasar murah ini kami berharap setidaknya dapat membantu masyarakat. Terutama dapat menghemat uang belanja masyarakat.” akhirinya. (*adv/diskominfokukar)