Edi Damansyah Miliki Sejumlah Harapan Menjelang MTQ Tingkat Kabupaten

Halokaltim – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kutai Kartanegara (Kukar) akan segera menggelar Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) tingkat kabupaten ke-44. Dalam rencana pemerintah kegiatan tersebut akan digelar pada November 2023 mendatang, di Kecamatan Kota Bangun Darat, Kukar.

Menjelang kegiatan Musabaqah Tilawatil Quran tingkat kabupaten tersebut, Bupati Kutai Kartanegara, Edi Damansyah pun menyampaikan sejumlah harapan. Antaranya mengharap pihak kelurahan dan desa di Kukar terus berperan aktif melakukan pembinaan qori dan qoriah. Sebagai tujuan utama, agar Kukar terus memiliki qori dan qoriah berprestasi dalam perlombaan MTQ tidak hanya di tingkat kabupaten namun nasional.

“Oleh sebab itu kami himbau para lurah dan kepala desa (kades) turut berperan dalam pembinaan qori dan qoriah di wilayah masing-masing,” kata Edi, belum lama ini.

Tak hanya itu, lurah dan kades juga diinstruksikan oleh Edi untuk bisa memfasilitasi pembinaan qori dan qoriah melalui pengurus masjid di daerahnya.

“Kita juga harus hadir di tengah masyarakat untuk memberikan dorongan motivasi terkait pembinaan-pembinaan di bidang keagamaan,” sebutnya.

Hingga saat ini, Pemkab Kukar melalui Lembaga Pengembangan Tilawatil Qur’an (LPTQ) juga terus melakukan pembinaan. Bahkan katanya, pembinaan melalui program gerakan masyarakat mengaji (Gema) yang sudah menjadi kebijakan juga dipastikan terus berjalan.

Gema pun disebut menjadi penguatan dan sebagai bentuk kehadiran Pemkab dalam pembinaan Tilawatil Quran. Bahkan, tak hanya pembinaan saja yang diberikan, tetapi juga pelatihan-pelatihan khusus. Berkat semua itu, peraihan prestasi pun banyak ditorehkan oleh Kukar.

“Dan itu contoh pembinaan yang dilakukan bersama-sama semua pihak,” pungkasnya. (*adv/diskominfokukar)