Pegawai Kecamatan Tenggarong Seberang Ikuti Bimtek Penggunaan Aplikasi Buatan Bappeda

Saat proses uji coba aplikasi baru buatan Bappeda (*/ist)

Halokaltim – Kecamatan Tenggarong Seberang, menggelar Bimbingan Teknis (Bimtek) terkait penggunaan Aplikasi bernama “Becik”. Aplikasi tersebut merupakan sistem pendataan yang terintegrasi antara keperluan sebuah data berdasarkan tugas dan fungsi perangkat daerah.

Di jelaskan melalui Sekretaris Kecamatan (Sekcam) Tenggarong Seberang, Hendra Suryana, mengatakan pelaksanaan Bimtek telah di lakukan pada Rabu, 18 Oktober 2023 lalu. Sementara sebagai pemateri Bimtek itu yakni Yhudha Juwono, yang merupakan Tim IT Badan Perencanaan dan Pembangunan Daerah (Bappeda) Kukar, yang juga merupakan penggagas Aplikasi Becik.

“Bimbingan ini bertujuan agar tim dapat dengan mudah mengerti, bagaimana cara menginput data yang sudah dihimpun ke dalam aplikasi,” ujar Hendra, Minggu, 22 Oktober 2023.

Secara garis beras, ia menjelaskan, Aplikasi Becik merupakan sistem pendataan yang terintegrasi antara keperluan sebuah metadata berdasarkan tugas dan fungsi perangkat daerah. Aplikasi ini nantinya menjabarkan tugas dan fungsi jabatan di dalam masing-masing perangkat daerah. Selanjutnya, mendistribusikan data-data tersebut ke kecamatan, desa dan kelurahan, hingga Rukun Tetangga (RT).

Aplikasi Becik yang dijalankan seluruh sektor seksi di Kecamatan Tenggarong Seberang, juga memiliki fungsi lebih. Antaranya, terdapat sumber data dari sektor pertanian dan peternakan, sektor kesehatan dari Puskesmas, sektor pendidikan dari UPT Disdikbud Kukar, sektor perkebunan dan sektor keagamaan dari KUA.

“Semua data ter-center pada Command Center kecamatan (Tenggarong Seberang),” akhirinya. (*adv/diskominfokukar)