Dinas PU Kukar Terus Tingkatkan Kualitas Jalan Antar Kecamatan

Halokaltim Pemerintah Kabupaten Kutai Kartanegara secara bertahap memperbaiki seluruh kerusakan jalan di daerah. Salah satunya, jalan poros Kecamatan Kota Bangun hingga menuju Tabang. Pekerjaan peningkatan infrastruktur jalan poros ditafsir senilai miliaran rupiah. Melalui Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Kukar 2023. Progres pengerjaan jalan tersebut sedang dalam tahap penyelesaian.

Pada Jumat, 20 Oktober 2023, Kepala Dinas Pekerjaan Umum (Dinas PU) Kukar, Wiyono menjelaskan, pekerjaan perbaikan telah berlangsung. Dan perbaikan bukan hanya tebatas di tiap-tiap spot kerusakan jalan, namun di sepanjang jalan Kota Bangun hingga Tabang.

“Perbaikan jalan ini adalah salah satu prioritas dalam peningkatan konektivitas wilayah untuk memudahkan angkutan barang dan orang,” katanya, pada Jumat, 20 Oktober 2023.

Perbaikan jalan poros di antar kecamatan tersebut memang diharapkan secepatnya. Sebab kondisi sepanjang jalan tersebut masih berstruktur tanah atau aspal yang mulai mengelupas. Saat musim penghujan akan menimbulkan potensi kerusakan jalan. Itulah mengapa, jalan tersebut masuk salah satu prioritas untuk dilakukan peningkatan infrastruktur. Pengerjaannya pun ditargetkan rampung dalam tahun ini.

Berdasarkan data Dinas Pekerjaan Umum Kukar pada 2022, ada sepanjang 554 kilometer jalan daerah. 415 kilometer di antaranya berklasifikasi mantap dan 138 kilometer tidak mantap. Dan jalan yang berklasifikasi tidak mantap akan diperbaiki secara bertahap pada 2023. Dinas Pekerjaan Umum Kukar pun telah memetakan jalan-jalan rusak yang menjadi prioritas untuk diperbaiki melalui APBD Kukar 2023. (*adv/diskominfokukar)