Diresmikan oleh Wabup Kutim, Aplikasi Sigap Api Kutim Beri Kemudahan Lapor Bencana Kebakaran

Jajaran Damkar Kutim bersama Wabup Kasmidi Bulang dan Warga Sekitar Gang Mesjid Sangatta Selatan mengabadikan momen launching Aplikasi Sigap Api Kutim (*/ist)

HalokaltimAplikasi – Sabtu (2/9/2023), Dinas Pemadam Kebakaran (Damkar) Kabupaten Kutai Timur (Kutim) menyelenggarakan Sosialisasi Proyek Perubahan dengan agenda launching Aplikasi Sistem Informasi Gerakan Aktif Pencegahan Api Kutim (Sigap Api Kutim).

Bertempat di Gang Masjid Sangatta Selatan, sosialisasi tersebut dihadiri Wakil Bupati Kutim Kasmidi Bulang sekaligus membuka secara resmi launching Aplikasi Sigap Api Kutim garapan Damkar Kutim.

Damkar Kutim dan sejumlah warga melaksanakan simulasi Sigap Api Kutim (*/ist)

Warga setempat dari berbagai RT yang bermukim di lingkungan Gang Masjid dan sekitarnya juga nampak antusias dengan turut mengikuti jalannya sosialisasi berlangsung hingga selesai.

Kepala Dinas Damkar Kutim Failu dalam kesempatan tersebut menyampaikan, Aplikasi Sigap Api Kutim memiliki sistem yang dapat memudahkan masyarakat untuk segera melapor apabila timbul potensi terjadinya kebakaran.

“Dalam aplikasi ini ada Panic Button SOS yang langsung terkoneksi dengan Damkar Kutim,” kata Failu.

Aplikasi Sigap Api Kutim bertujuan meningkatkan kecepatan pelayanan pemadaman kebakaran dan penyelamatan, sebagai upaya penanggulangan bencana kebakaran.

Kadis Damkar Kutim, Failu

Failu tidak menapik bahwa selama ini ketika mendapat laporan kejadian dari masyarakat melalui telepon dan datang ke pos terdekat, pihaknya kerap menemui kesulitan dalam menindaklanjuti laporan karena alamat yang tidak tepat.

Dengan adanya laporan masyarakat yang cepat, Failu yakin pihaknya dapat lebih sigap melakukan penaggulangan kebakaran dan tiba dilokasi bencana lebih awal.

“Laporan akan segera diterima oleh petugas, lalu petugas dengan lokasi terdekat dengan kejadian akan mengirimkan unit yang sesuai dengan laporan,” paparnya.

Dirinya berharap, kedepannya masyarakat mampu memanfaatkan penggunaan Aplikasi Sigap Api Kutim dengan melaporkan peristiwa kebakaran lebih dini, sehingga dapat ditanggulangi lebih cepat.