Ardiansyah Sulaiman dan Siang Geah Hadiri Ekspos Pembangunan Hijau Kaltim

Siang Geah (kiri) dan Ardiansyah Sulaiman (kedua kiri) saat di acara.

Halokaltim – Pemerintah Provinsi Kalimantan Timur bersama beberapa lembaga konservasi lingkungan hidup menggelar Expose Pembangunan Hijau dalam rangka mendukung pembangunan Smart Forest City Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara, Rabu (8/6/2022).

Kegiatan ini dihadiri Gubernur Kaltim Isran Noor, Gubernur Jambi Haris, dan Kementrian KLHK serta para pihak terkait program lingkungan, pejabat lingkup Pemprov Kaltim hingga kepala daerah kabupaten dan kota se-Kaltim. Ekspos Pembangunan Hijau Kaltim Dibuka langsung oleh Gubernur Kaltim.

Isran Noor sebelum membuka kegiatan dimaksud mengatakan, Provinsi Kaltim dan seluruh rakyatnya mendukung pembangunan Smart Forest City Ibu kota Nusantara (IKN).

Bupati Kutim Ardiansyah Sulaiman usai pembukaan mengaku sangat mengapresiasi program pemerintah satu ini. Menurut Ardiansyah, program pembangunan hijau ini, menjadi salah satu pembangunan kota yang mengacu pada konsep green city (kota hijau) atau mengedapankan pembangunan yang berkelanjutan.

“Sebagai salah satu daerah yang ada di Provinsi Kaltim, Kabupaten Kutim sangat mendukung konsep Smart Forest City IKN,” tegasnya.

Siang Geah selaku putra daerah terbaik Kutai Timur mewakili masyarakat adat Wahea tampil sebagai narasumber dalam kegiatan tersebut.

Dalam Diskusi Panel yang di hadiri oleh seluruh pemangku kepentingan mulai dari pusat hingga daerah, Siang Geah memaparkan tentang problem lingkungan hidup terkhususnya di daerah adat Wahea yang berada di Kabupaten Kutai Timur.

Sinkronisasi pembangunan untuk mewujudkan pembangunan hijau atau pembangunan kota yang ramah lingkungan, musti ada sinergitas dari seluruh stakeholder terutama konektivitas perencanaan dan program dari pusat hingga daerah,” tutur Siang Geah.

Diakhir sesi siang menambahkan agar kita jangan bicara lingkungan setelah kita terkena dampaknya seperti banjir dan darurat iklim. (*)

Penulis: Habibi

Editor: Raymond Chouda