Desa Batuah, Tengah Kembangkan Objek Wisata Dewi Belai

Halokaltim – Desa Batuah, Kecamatan Loa Janan, Kutai Kartanegara, sejak dahulu terkenal sebagai daerah pembudidaya tanaman berbuah durian. Saat ini keberadaan puluhan hektare perkebunan tumbuhan itu tidak disia-siakan pemerintah desa (Pemdes). Sejak 2022 lalu, keberadaan buah berduri itu digunakan desa sebagai ikon dan daya tarik wisata desa.

Sebagai caranya pemerintah desa membangun objek wisata bernama Desa Wisata Benua Elai atau Dewi Belai. “Kalau konsep kita buat sama-sama, berkolaborasi bersama pihak swasta dan pemerintah. Maka kami menjamin program (desa wisata) ini akan berjalan maksimal,” ungkap Kepala Desa (Kades) Batuah, Abdul Rasyid, pada Senin, 9 Oktober 2023.

Rasyid kemudian berharap Pemkab Kukar memberikan dukungan penuh dalam pengembangan objek wisata tersebut. Dukungan yang diharap yakn promosi, pembangunan infrastruktur, dan paling penting dalam kajian pengembangannya. Saat ini, Pemdes Batuah pun sedang mendorong dan mengejar pembangunan infrastruktur menuju lokasi wisata Dewi Belai, yakni akses jalan masuk melalui kilometer 30 Jalan Poros Samarinda-Balikpapan.

“Bahwa lokasi-lokasi wisata yang ada di Desa Batuah, ingin infrastrukturnya bagus, salah satunya Dewi Belai ini,” akhirinya. (*adv/diskominfokukar)