Ratusan Personel Senkom Ikuti Diklat Kamtibmas Pamgaktib se-Kaltim

Halokaltim – Senkom Mitra Polri Provinsi Kalimantan Timur menggelar Diklat Kamtibmas Pamgaktib se-Kaltim, di Pondok Pesantren Harmoni LDII Bontang, 21-23 Juli 2023. Diikuti sekira 100 lebih personel Senkom se-Kaltim.

Diklat Kamtibmas Pamgaktib dibuka secara resmi dengan pemukulan gong oleh Kapolda Kaltim yang diwakilkan Kasubdit Bintibsos Dit Binmas Pembina Tingkat 1 H Drs Nuryanto, didampingi Kapolres Bontang AKBP Yusep Dwi Prastiya, Walikota Bontang Basri Rase SIP MSi, dan Ketua Senkom Kaltim M Dodit Kusnianto S Sos, serta Ketua Dewan Pembina PP Senkom Irjen Pol (Purn) Drs H Sriyono MSi, dan ketua-ketua Senkom se-Kaltim, Sabtu (22/7/2023) pagi.

Diklat ini menghadirkan pemateri, Kasubdit Bintibsos Dit Binmas Polda Kaltim Pembina Tingkat 1 H Drs Nuryanto dan Pasiter Kodim 0908/Bontang Lettu Arh Yohanes Bay.

Ketua Senkom Kaltim, M. Dodit Kusnianto, S.Sos mengatakan, kegiatan diklat ini digelar untuk meningkatkan kemampuan dan kualitas personel Senkom Mitra Polri di wilayah Kaltim. Agar benar-benar menjadi mitra strategis Polri dalam menjaga kamtibmas kamgaktib.

“Kami berharap melalui kegiatan Diklat Kamtibmas Kamgaktib ini, para personel Senkom se-Kaltim bisa meningkatkan peran serta dalam menjaga kamtibmas di wilayah masing-masing,” harap Dodit.

Diklat ini, menurut Dodit, ditujukan untuk melatih dan mendisiplinkan anggota Senkom, supaya semua personel bisa menjalankan tugas sesuai SOP secara lebih baik.

“Agar semua bisa meningkatkan kapasitas, untuk mengabdi kepada masyarakat dalam kamtibmas, kebencanaan dan bela negara. Lalu memberikan sumbangsih yang nyata untuk bangsa dan negara,” harapnya.

Kapolres Bontang AKBP Yusep Dwi Parsetiya mengapresiasi senkom yang tidak pernah absen dalam setiap kegiatan operasi bersama kepolisian di lapangan. Mulai dari operasi mahakam, hingga pengamanan pada hari-hari besar keagamaan. Di semua daerah, senkom selalu hadir, tanpa mengharapkan imbalan apapun.

“Saya setuju dengan ucapan ketua senkom provinsi, bahwa kamtibmas adalah kebutuhan hidup kita saat ini, dalam bermasyarakat. Peran kamtibmas yang dilaksanakan senkom, itu adalah kebutuhan hidup di indonesia, dan kami sangat mengapresiasi. Apalagi menjelang tahun politik, kamtibmas sangat diperlukan,” lanjutnya.

Kapolres mengharap agar hasil Diklat Kamtibmas Pamgaktib Senkom Kaltim ini dapat selaras dan bersinergi dengan program presisi yang digagas Polri.

Walikota Bontang Basri Rase turut mengapresiasi Senkom se-kalimantan Timur yang telah menyelenggarakan Diklat tersebut. Dirinya berharap agar hasil diklat dapat bermanfaat untuk kelancaran kamtibmas di Kalimantan Timur khususnya di Bontang.

“Semoga Senkom semakin jaya, dan sukses terus dalam melakukan program kegiatannya sebagai Ormas yang berdampingan dengan Polri yang kami harapkan juga kontribusinya untuk pemerintah,” harap Basri. (*)