Jemput Bola di 3 Kelurahan, DKP3 Bontang Vaksin 163 Hewan Peliharaan dalam Sehari

Halokaltim.com – Program pemberian vaksin rabies secara gratis mulai digelar Dinas Ketahanan Pangan, Perikanan, dan Pertanian (DKP3) Bontang, Selasa (10/3/20).

Di hari pertama, jadwal pemberian vaksin menyasar di tiga wilayah, yakni Tanjung Laut Indah, Tanjung Laut, dan Berbas Pantai.

Kasi Pelayanan Kesehatan Hewan DKP3 Bontang drh Riyono mengatakan hasil vaksin rabies pertama di tiga kelurahan berjumlah 163 hewan. Terdiri dari 46 kucing dan 1 anjing di Berbas Pantai, 76 kucing dan 1 anjing di Tanjung Laut, dan 39 kucing di Tanjung Laut Indah.

“Jumlah itu masih 50 persen, besok kami akan datang kembali menyelesaikan sisanya,” jelasnya.

Pria karib disapa Yono ini menambahkan untuk tim yang turun berjumlah 15 orang. Semua merupakan pegawai di DKP3 Bontang. Mereka pun dibagi menjadi tiga tim. Dalam satu tim lengkap bersama dokter hewan.

“Untuk Tim 1 ada 2 dokter hewan, Tim 2 ada 1 dokter hewan, dan Tim 3 ada 1 dokter hewan,” paparnya.

Sementara itu, Kabid Peternakan Eddy Forestwanto menjelaskan pihaknya menyediakan 3 dosis vaksin anti rabies bagi hewan peliharaan warga secara gratis. Hewan tersebut meliputi kucing, anjing, dan monyet.

“Adapun syarat pemberian vaksin rabies ini. Diantaranya usia minimal 3 bulan, tidak dalam keadaan sakit, dan tidak sedang bunting,” bebernya. (adv/er)