Disdik Kutim Terus Tingkatkan Kualitas Pendidikan dengan Berbagai Cara, Simda BOP PAUD Jadi Andalan

Halokaltim.com – Dinas Pendidikan Kutai Timur (Disdik Kutim) menggelar banyak kegiatan dalam rangka peningkatan kualitas pendidikan. Kepala Disdik Kutim Roma Malau terus mengupayakannya.

Salah satu kegiatan yang baru terlaksana, yakni sosialisasi Simda bantuan operasional penyelenggaraan (BOP) pendidikan anak usia dini (PAUD) tahun anggaran 2019. Kegiatan ini tak sekedar sosialisasi, namun juga bentuk implementasi simda keuangan PAUD tahun anggaran 2019, yang telah disinkronkan dengan Permendikbud Nomor 4 Tahun 2019.

Permendikbid tersebut adalah tentang petunjuk teknis penggunaan dana alokasi khusus nonfisik bantuan operasional penyelenggaraan pendidikan anak usia dini tahun 2019.

“Maksud kegiatan ini sebagai pertanggungjawaban keuangan DAK (dana alokasi khusus) nonfisik BOP PAUD, agar bisa dilaksanakan dengan tertib administrasi. Juga, supaya bisa lebih mengedepankan transparansi, akuntabel, tepat waktu, serta terhindar dari penyimpangan,” ulas Roma tentang kegiatan yang diikuti 150 lembaga, pada 1 Oktober 2019 tersebut.

“Harapan kami dinas pendidikan, agar Simda PAUD bisa menjadi sistem manajemen keuangan dalam penggunaan pertanggungjawaban keuangan DAK non fisik BOP PAUD yang efisien, efektif dan akuntabel,” ungkap Roma.

PKB PKP

Kegiatan Disdik Kutim lainnya baru-baru ini, yakni pengembangan keprofesian berkelanjutan (PKB) melalui peningkatan kompetensi pembelajaran (PKP) berbasis zonasi.

Kegiatan ini dilaksanakan Disdik Kutim di SMP 1 Sangatta Utara, 5-8 Oktober 2019. Kegiatan ini dibawah pengawasan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

KORDINASI DENGAN UPT

Kemudian, kegiatan Disdik Kutim berikutnya adalah langkah awak koordinasi dan silaturahim dengan 18 unit pelaksana tugas (UPT) pendidikan.

Hal ini dalam rangka menyatukan visi-misi, serta melakukan sinergitas yang lebih baik. Dalam rangka koordinasi untuk kemajuan pendidikan. (adv/ ash)