Disdikbud Kutim Siapkan Seragam Gratis Untuk Siswa SD dan SMP Negeri

Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Kutai Timur, Mulyopno (*/ist)

 

Halokaltim, Sangatta – Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) membagikan fasilitas seragam sekolah gratis sebanyak 4 setel untuk 70.986 siswa SD Negeri dan SMP Negeri.

Menurut data Disdikbud Kutai Timur tahun 2023, jumlah siswa SD Negeri dari kelas 1 hingga 6 sebanyak 53.465 orang, sedangkan jumlah siswa SMP Negeri dari kelas 1 hingga 3 sebanyak 17.521 orang. Masing-masing siswa akan menerima 4 setel seragam gratis yang terdiri dari seragam wajib, olahraga, batik, dan pramuka.

“Anggaran untuk setiap setel seragam ini sebesar Rp 425 ribu,” kata Kepala Disdikbud Kutai Timur, Mulyono, dalam keterangan persnya pada 5 Juli 2024. “Setiap siswa sekolah negeri akan menerima seragam gratis baju atasan dan bawahan lengkap dengan topi, dasi, dan ikat pinggang.”

Menurut Mulyono, standar bahan dan kualitas seragam gratis tersebut telah ditentukan oleh Disdikbud Kutai Timur. Pembagian seragam gratis ini juga akan berlanjut pada anggaran perubahan.

“Kami berikan yang terbaik bagi putra-putri Kutai Timur yang bersekolah di SD dan SMP negeri, mulai dari sekolah gratis, seragam gratis, dan beasiswa,” kata Mulyono. “Saat ini, tidak ada alasan siswa di Kabupaten Kutai Timur tidak bersekolah atau putus sekolah karena tidak memiliki biaya.”

Mulyono juga berharap agar beasiswa untuk siswa dapat meningkat lagi, bahkan jika memungkinkan semua siswa dapat menerima beasiswa.

“Mudah-mudahan untuk beasiswa bisa meningkat lagi, bahkan kalau bisa semua siswa mendapat beasiswa,” pungkasnya