Buka Gelaran Kursus Pelatihan Kecakapan Wirausaha, Bupati: Persiapan Menuju Kutim HEBAT 2045

Bupati Kutai Timur, Ardiansyah Sulaiman (*/ist)

Halokaltim, Sangatta – Pemerintah Kabupaten Kutai Timur (Kutim) melalui Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud), menggelar kegiatan Kursus dan Pelatihan Program Pendidikan Kecakapan Wirausaha, Rabu (29/5/2024).

Bertempat di Gedung Buana Mekar, Sangatta Utara, agenda itu dibuka secara resmi oleh Bupati Kutim, Ardiansyah Sulaiman, “sebagaimana RPJPD 20 tahun kedepan, ini bentuk keseriusan kita menuju Kutim HEBAT 2045,” ucap Bupati.

Hadir dalam kesempatan tersebut, Kepala Disdikbud Kutim Mulyono, Bunda Paud Siti Robiah, Kabid Pelayanan Hukum Kanwil Kaltim Santi Mediana, Kalapas Kelas II Bontang Suranto, dan jajaran Kepala OPD Pemkab Kutim, serta tamu undangan.

Kegiatan itu diketahui turut dirangkai dengan beberapa pelatihan lain, di antaranya menjahit, membatik, digital printing, teknik alat berat, serta cakery and bakery, dan lainnya.

Dirinya juga menjelaskan tujuan dari program Kutim Hebat di tahun 2045 adalah upaya peningkatan sumber daya manusia yang handal tidak hanya dalam bidang pendidikan dan kewirausahaan, tapi dalam segala sektor.

Selain peningkatan kualitas SDM yang cakap dan berdaya saing, menurutnya diperlukan kapasitas yang memumpuni dalam mengelola kekayaan sumber daya alam yang dimiliki dalam menunjang pembangunan daerah.

“Maka tidak bisa kita sepelehkan begitu saja pengelolaannya, harus tekun didalam merawat lingkungan dan lebih memberikan dampak posistif terhadap pembangunan daerah,” jelasnya.

Sebagai daerah yang tidak lama lagi akan menjadi salah satu penyangga Ibu Kota Nusantara (IKN), dirinya mengingatkan masyarakat Kutim untuk menyiapkan diri mulai saat ini.

Ia berpesan kepada para peserta untuk memanfaatkan kursus dan pelatihan itu dengan semaksimal mungkin, “pemerintah akan terus mendukung siapapun yang ingin berkreasi,” pungkasnya.