Buka Tes IVA Bagi Perempuan Indonesia, Isran Ingatkan Untuk Pandai Dalam Bersyukur

Buka Tes IVA Bagi Perempuan Indonesia, Isran Ingatkan Untuk Pandai Dalam Bersyukur
Gubernur Kaltim, Isran Noor saat sambutan.(/ist)

SAMARINDA – Majelis Ulama Indonesia (MUI) menyelenggarakan  Program Nasional Tes IVA Bagi Perempuan Indonesia 34 Provinsi dengan tema  Perempuan Indonesia Sehat, Generasi Saleh dan Kuat. 

Acara digelar di Hotel Bumi Senyiur Samarinda, Sabtu (15/10/2022). Tes IVA diikuti 220 peserta yang semuanya adalah kaum ibu.

Tes Inspeksi Visual Asam Asetat atau Tes IVA merupakan cara sederhana untuk mendeteksi kanker leher rahim sedini mungkin. Laporan hasil konsultasi WHO menyebutkan bahwa IVA dapat mendeteksi lesi tingkat pra kanker dengan sensitifitas sekitar 66-69% dan spesifitas sekitar 64-98%.

“Saya berterima kasih kepada MUI, Ikatan Bidan Indonesia (IBI), Askrindo yang telah membantu dan sponsor lain yang sangat mendukung kegiatan-kegiatan ini. Programnya langsung menyentuh masyarakat,” kata Gubernur Isran Noor saat menyampaikan sambutan.

Menurut Gubernur, kesehatan itu sangat penting. Para ibu sambung Gubernur, harus  sehat secara fisik dan sehat juga secara batin. 

Termasuk harus sehat dan selalu menjaga kesehatan reproduksi mereka.

“Jangan juga nanti ada yang sehat fisik, tapi batinnya sakit terus karena tidak pandai bersyukur,” pesan Gubernur.

“Belajar pandai bersyukur. Misal bersyukur saat kawan atau tetangga sukses. Jangan sampai lihat tetangga beli mobil baru, kita malah masuk ambulan karena stres lihat tetangga sukses,” canda Gubernur disambut tawa para ibu 

Terpenting, pesan Gubernur Isran lagi, jangan pernah berburuk sangka kepada Allah. Karena itu akan menjadi penyakit hati dan secara langsung juga akan merusak jiwa dan raga.

Acara juga dihadiri Ketua Komisi Perempuan Remaja dan Keluarga (PRK) MUI Pusat Hj Siti Marifah Ma’ruf, Ketua MUI Kaltim KH Muhammad Rasyid, pimpinan Baznas Kaltim, manajemen PT Askrindo, dan para narasumber Talk Show “Kepemimpinan Muslimah Zaman Now” yang menjadi rangkaian acara tersebut. (mk/ADV/Kominfokaltim)