Jelang Iduladha, Lapas Bontang Lakukan Deteksi Dini dan Perketat Keamanan Keliling Blok Hunian

Halokaltim.com – Menjelang Hari Raya Idul Adha 1442 H, Tim Kesatuan Pengamanan Lembaga Pemasyarakatan (KPLP) Lapas Kelas IIA Bontang yang dipimpin langsung Ka.KPLP Saiful Buchori lakukan deteksi dini keamanan diseluruh area lapas, Senin (19/7/2021).

Didampingi beberapa staf beserta jajaran regu pengamanan, Saiful Buchori mengawali giat dengan melakukan kontrol keliling (Trolling) diseputaran kawat beranggang pembatas blok hunian, kemudian dilanjut mengelilingi dan memantau kondisi di seputaran tembok Lapas.

“Awalnya kami melakukan trolling atau kontrol keliling, dimana trolling ini juga merupakan kegiatan rutinitas satuan pengamanan yang sedang bertugas baik pagi, siang, maupun malam,” ujar Saiful

Selain itu, tim juga memantau saluran air, pagar ornames, dan tembok Lapas untuk memastikan keadaan aman dan berjalan dengan baik. “Kegiatan tersebut kami lakukan sebagai upaya deteksi dini gangguan keamanan dan ketertiban (Kamtib) di Lapas Bontang menjelang Hari Raya Idul Adha yang rawan terjadi gangguan kamtib,” terangnya.

Tidak sampai disitu, setelahnya Saiful beserta tim bergeser kedalam blok hunian, dirinya menambahkan bahwa kegiatan kontrol ini sudah dilakukan secara rutin yaitu seminggu sekali, baik itu dari Tim Satops Patnal ataupun pada saat regu pengamanan bertugas, namun memang menjelang Hari Raya Idul Adha ini memang lebih di intensifkan.

“Jadi kami lakukan kegiatan kontrol ini untuk mencegah adanya hal-hal yang tidak diinginkan, mengingat juga ini masih pada masa pandemi covid-19 dan warga binaan masih belum bisa dibesuk secara tatap muka, tentunya hal tersebut mempengaruhi psikologis dari warga binaan,”imbuhnya.

Disela-sela kegiatan, Saiful beserta tim mengecek kondisi kesehatan warga binaan dan menghimbau untuk selalu menjaga kesehatan baik berjemur dipagi hari maupun selalu menggunakan masker agar tidak terpapar dari Covid-19, serta mengingatkan kepada seluruh warga binaan agar tidak melakukan pelanggaran tata tertib seperti menggunakan handphone, narkoba dan melakukan perkelahian.

“Mari sama-sama menjaga Lapas Bontang ini agar selalu kondusif, jangan lakukan pelanggaran-pelanggaran, sesuai yang sudah disampaikan oleh Bapak Kalapas, apabila ada yang masih bermain-main dengan handphone dan narkoba akan ditindak secara tegas dan tidak ada kompromi,” tutupnya. (*)

Penulis : Andika Putra Jaya