Karang Taruna Kutim Dapat Dukungan Laptop dan Printer dari Dispora Kaltim

Halokaltim – Diaspora Kalimantan Timur (Kaltim) menyerahkan bantuan berupa 19 unit laptop, printer merk HP, papan kantor, dan delapan lembar baju Karang Taruna kepada Karang Taruna tingkat kecamatan dan kabupaten di Kutai Timur (Kutim).

 

Penyerahan bantuan ini dilakukan bersamaan dengan kegiatan Bimbingan Teknis (Bimtek) Karang Taruna Kabupaten/Kota se-Kaltim di ruang Meranti, Kantor Bupati Kutim.

 

Bimtek tersebut menghadirkan dosen Fakultas Teknik dari Universitas Ummul Samarinda, Zainal sebagai pemateri.

 

Zainal menyampaikan pentingnya pemanfaatan teknologi informasi bagi Karang Taruna dalam mendukung program kerja mereka.

 

“Tujuannya agar Karang Taruna, baik di tingkat desa, kecamatan, maupun kabupaten, dapat lebih melek teknologi dan mampu memanfaatkan perangkat yang ada untuk mendukung kegiatan mereka,” ujar Zainal.

 

Penyuluh kepemudaan dari Bidang Pemberdayaan Pemuda Provinsi Kaltim, Rusli menyatakan bahwa bantuan ini bertujuan untuk mendorong Karang Taruna agar lebih aktif dan produktif.

 

“Dengan adanya perangkat ini, diharapkan Karang Taruna tidak hanya berjalan di tempat, tetapi bisa berkembang dengan memanfaatkan teknologi informasi,” ujarnya saat disambangi awak media.

 

Bantuan tersebut, lanjut Rusli, disalurkan kepada 18 kecamatan dan satu kabupaten di Kutim. Rusli menambahkan bahwa pembagian ini juga dilakukan di 10 kabupaten/kota lainnya di Kaltim.

 

Ia juga mengingatkan bahwa pada tahun 2023, Sekretaris Provinsi Kaltim telah mengeluarkan surat edaran kepada Dinas Sosial di seluruh wilayah Kaltim untuk mengaktifkan kembali Karang Taruna.

 

Ia juga menjelaskan, pentingnya peningkatan indeks pembangunan pemuda melalui organisasi Karang Taruna.

 

“Indeks pembangunan pemuda Kaltim pada tahun 2023 berhasil menduduki posisi ketiga di tingkat nasional, setelah Bali dan Yogyakarta. Kami berharap, di tahun 2024, peringkat ini tidak menurun,” ujarnya.

 

Disisi lain juga Rusli mengapresiasi peran Dinas Sosial dalam membina Karang Taruna, sementara Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) fokus pada penggalangan kegiatan kepemudaan.

 

Rusli berharap, dengan adanya bantuan ini, Karang Taruna dapat terus berkembang dan berkontribusi pada peningkatan kesejahteraan pemuda di Kaltim.