KPC Raih Tiga Penghargaan GMP Sekaligus Dari Kementerian ESDM

Halokaltim, Kutai Timur – PT Kaltim Prima Coal (KPC) meraih tiga penghargaan sekaligus dalam ajang Good Mining Practices (GMP) Award 2024, yang diselenggarakan oleh Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) RI, Rabu (25/9/2024), di Hotel Bidakara, Jakarta. Tiga penghargaan ini ditandatangani langsung oleh Menteri ESDM Bahlil Lahadalia.

Dua penghargaan berupada Aditama, yakni penghargaan tertinggi dalam ajang GMP Award. Dua penghargaan Aditama tersebut adalah, Aditama Pengelolaan Teknis Pertambangan Mineral dan Batubara untuk Kelompok Pemegang Perizinan Berusaha Komoditas Batubara. Dan kedua berupa Aditama Pengelolaan Konservasi Mineral dan Batubara untuk Kelompok Pemegang Perizinan Berusaha Komoditas Batubara.

Sementara satu lainya berupa penghargaan Utama untuk Pengelolaan Lingkungan Hidup Pertambangan Mineral dan Batubara, kategori Kelompok Pemegang Perjanjian Karya Pengusahaan Pertambangan Batubara, Izin Usaha Pertambangan Khusus, Izin Usaha Pertambangan Khusus sebagai Kelanjutan Operasi Kontrak/ Perjanjian Komoditas Batubara.

Penghargaan Aditama diterima langsung Chief Executive Officer (CEO) KPC Ashok Mitra. Sementara penghargaan Utama diterima oleh Armstrong Tobing, General Manager Mining Development Division (GM MDD).

CEO KPC, Ashok Mitra saat menerima penghargaan GMP Award 2024 (*/ist)

CEO KPC Ashok Mitra mengatakan, penghargaan GMP Award dari ESDM menunjukkan bahwa, operasional KPC telah sesuai dengan kaidah pertambangan yang baik dan benar. Apalagi, KPC meraih penghargaan pada bidang teknik pertambangan, konservasi mineral dan batubara dan pengelolaan lingkungan hidup.

Untuk itu, Ashok menyampaikan terima kasih kepada ESDM yang terus membimbing KPC sehingga operasionalnya selalu berjalan sesuai aturan yang ada. Tak lupa, Ashok juga menyampaikan terima kasih kepada seluruh karyawan yang telah bekerja sesuai kaidah pertambagan yang baik dan benar.

Kementerian ESDM dalam rilisnya kepada media mengatakan, penghargaan Good Mining Practices (GMP) Award, merupakan penghargaan bergensi di lingkungan ESDM. “Ini penghargaan bergengsi di bidang pertambangan, mineral dan batubara. Penghargaan GMP ini baru dua kali digelar. Pada tahun 2020 lalu dan sekarang 2024,” tulis rilis ESDM.

Lebih lanjut disebutkan, GMP Award ditujukan untuk memberikan apresiasi terhadap prestasi badan usaha pertambangan, yang telah menerapkan kaidah teknik pertambangan yang baik dan benar. Hal ini bertujuan untuk mendorong motivasi kepada perusahaan untuk mencapai prestasi setinggi-tingginya.(*)