Kembali Dipercaya! Ini Dia Ketua DPRD Bontang Periode 2024 – 2029

Halokaltim, Bontang – Penetapan Ketua DPRD Bontang definitif masih menunggu Surat Keputusan (SK) partai. Partai Golkar berhak menunjuk salah satu kadernya untuk memimpin parlemen usai menjadi peraih suara terbanyak di Pileg 2024.

Kabar yang diterima SK akan diserahkan dalam waktu dekat ini. Partai Golkar akan kembali menunjuk Andi Faizal Sofyan Hasdam sebagai Ketua DPRD Bontang periode 2024 – 2029.

Ketua Sementara DPRD Kota Bontang Andi Faizal Sofyan Hasdam menyebut bahwa pihaknya kini hanya menunggu SK tersebut.

“Tinggal menunggu penyerahan SK saja, dalam minggu ini Insyaallah,” ujar Andi Faizal saat diwawancarai melalui sambungan telepon, Rabu (18/9/2024).

Penyerahan SK dari DPP partai politik yang memperoleh kursi terbanyak di Pemilihan Legislatif 2024, yakni Partai Golkar, PKB, dan PDIP merupakan syarat penting untuk segera melaksanakan pelantikan pimpinan definitif DPRD Bontang.

Pimpinan definitif ini memiliki kewenangan untuk mengesahkan Tata Tertib (Tatib) DPRD yang saat ini sedang dalam pembahasan.

Menurut Andi Faizal, keberadaan pimpinan definitif sangat penting karena akan menjadi kunci dalam melanjutkan sejumlah agenda DPRD yang tertunda.

“Tatib akan menjadi landasan bagi pembentukan Alat Kelengkapan Dewan (AKD), seperti komisi-komisi dan badan-badan DPRD yang berperan dalam pembahasan anggaran, pengawasan, dan legislasi,” tambahnya.

Tatib DPRD direncanakan selesai pada akhir September 2024. Kemudian, kegiatan akan dilanjutkan dengan pembentukan AKD, termasuk di dalamnya Badan Anggaran (Banggar), Badan Pembentukan Peraturan Daerah (Bapemperda), Badan Musyawarah (Banmus), serta Badan Kehormatan.

Pimpinan DPRD definitif juga diharapkan segera terbentuk agar dapat mempercepat proses pembahasan anggaran dan pengesahan peraturan daerah yang menjadi fokus utama DPRD pada periode mendatang.