Pemkab Kutim Lakukan Peletakan Batu Pertama Pembangunan MPP dan UMKM Center

Halokaltim, Sangatta – Pemerintah Kabupaten Kutai Timur (Kutim) resmi memulai pembangunan Mal Pelayanan Publik (MPP) dan UMKM Center. Kegiatan di gelar di Jalan Apt Pranoto Desa Sangatta Utara Kabupaten (Eks Stais), Rabu (11/9/2024).

Bupati Kutim Ardiansyah Sulaiman menyampaikan bahwa proyek ini merupakan bagian dari upaya untuk meningkatkan layanan publik di daerah Kutim.

Menurutnya, pembangunan MPP dan UMKM Center akan menjadi ikon baru Kutim dan mendukung kebijakan Presiden yang mendorong penyediaan MPP di seluruh Indonesia.

“Awalnya hanya ingin membangun gedung UMKM tetapi dengan adanya edaran itu maka ini kita integritasikan, karena saya yakin di Mal itu juga itu pasti ada UMKM makanya itu juga kita sekaligus membangun UMKM Center didalamnya,” ucapnya saat di wawancarai oleh awak media.

“Untuk Mal Pelayanan Publik itu sendiri terkait kebutuhan dasar masyarakat dari izin perizinan agar dilayani dalam satu pintu,” tambahnya.

Bupati Kutim Ardiansyah Sulaiman saat meletakkan batu pertama tanda dimulainya pembangunan (*/ist)

Ardiansyah juga mengatakan bahwa sekitar 17 Organisasi Perangkat Daerah (OPD) dan beberapa instansi vertikal telah melakukan Memorandum of Understanding (MoU) untuk bergabung dalam MPP.

“Dari sisi lain kita membangun UMKM Center di Mal ini, jadi betul-betul Mal dari sisi MPP sendiri dan Mal dari sisi penyediaa kebutuhan bagi masyarakat, dan juga saya membayangkannya juga akan ada pojok Kafe untuk milenial sekarang supaya menjadi bagian daya tarik untuk gedung ini,” ujarnya.

Bupati mengungkapkan bahwa pembangunan ini dilakukan dalam dua tahap, tahap pertama yang dimulai dengan anggaran sebesar 8 miliar rupiah akan membangun gedung dengan luas 33×43 meter dan terdiri dari tiga lantai.

“Total anggaran untuk keseluruhan proyek ini mencapai 43 miliar rupiah, dengan tahap kedua akan dilanjutkan tahun depan,” pungkasnya.