Kebakaran Hebat Hanguskan Pasar Sangkulirang, Ratusan Pedagang Terdampak Kerugian Materil Miliaran Rupiah

Potret api yang membara di TKP Pasar Pagi Sangkulirang Sangkulirang pada pukul 03.00 WITA, (Ist)

Halokaltim, Sangkulirang – Permukiman Pasar Pagi Kecamatan Sangkulirang porak poranda dilalap si jago merah pada musibah kebakaran hebat yang menggemparkan dini hari tadi, Kamis (22/8/2024) sekitar pukul 01.00 WITA.

Warga dibuat panik dan kocar-kacir akibat kobaran api yang tengah membara hebat di lokasi kebakaran. Sekitar 100 lebih penduduk setempat menjadi korban terdampak musibah na’as itu, khususnya para pedagang dan pemilik Kios di Pasar Pagi Sangkulirang.

Dari informasi yang berhasil dihimpun melalui Kepala Disdamkartan Kutim, Failu, api berkobar selama kurang lebih 5 jam lamanya. Butuh waktu hampir 6 jam untuk pihaknya melakukan pemadaman hingga proses pendinginan TKP.

“Kejadiannya dini hari 12.20 WITA, sampai jam 6 pagi mereka masih di lapangan melakukan pendinginan mas,” ungkap Failu usai menerima laporan dari personil damkar di lokasi.

Kronologi awal, api bermula dari stand toko lorong sebelah utara di Jln. Masjid Ar-Rahmah, kemudian mulai membesar. Namun lokasi yang saling berdempetan serta atap toko yang berkaitan, sehingga api dengan mudah menjalar dan menghanguskan seluruh bangunan pasar.

Melihat api semakin membara, pemadam kebakaran dan masyarakat sekitar berusaha untuk memadamkan api yang sudah mulai membesar dengan mengunakan Unit Pemadam, Alkon Air/Pemadam gerobak, serta kapal laut yang di berdayakan untuk ikut memadamkan.

“Kebakarannya mulai dari samping batas Masjid Ar-Rahmah sampai sampai Bank BPD depan Kantor Camat lama, jadi luas sekali kebakarannya,” ujar Failu.

Belum diketahui pasti penyebab dari kebakaran di Pasar Pagi Sangkulirang tersebut. Selanjutnya para pemilik stand toko masih mengamankan harta benda yang bisa diselamatkan, dan mengungsi ke halaman Kantor Desa Benua Baru Ilir.

Dalam peristiwa kebakaran pasar tersebut tidak ada korban jiwa, Kermat diperkirakan lk Rp. 10.000.000.000,- (sepuluh milyar rupiah),  Atas kejadian tersebut dilaporkan ke Polsek Sangkulirang.

“Semoga warga yang kena musibah dan ujian diberikan ketabahan dan kesabaran serta digantikan yg lebih baik,” ucap Kadisdamkartan Kutim, Failu, usai membeberkan informasi terkini pasca kebakaran hebat di Sangkulirang, Kutai Timur.

 

Penulis: Andika Putra Jaya