Wakil Presiden ke-9 RI Hamzah Haz Tutup Usia, Jenazah Dimakamkan Siang Ini

H. Hamzah Haz (15 Februari 1940 – 24 Juli 2024) adalah Wakil Presiden Indonesia ke-9 yang menjabat sejak 26 Juli 2001 hingga 20 Oktober 2004. (Wikipedia)

Halokaltim.id – Rabu (24/7/2024) pagi, Wakil Presiden ke-9 RI Hamzah Haz dikabarkan meninggal dunia di RSPAD Gatot Subroto, Jakarta. Kabar duka itu disampaikan langsung Sekjen PPP, Arwani Thomafi.

“Benar, telah wafat Bapak Dr Hamzah Haz, pagi ini jam 09.30,” ungkap Arwani, dikutip dari CNNIndonesia.

Almarhum Hamzah Haz merupakan wakil yang mendampingi Presiden ke 5 RI, Megawati Soekarnoputri, periode 2001-2004. Pemimpin Partai berlambang Ka’bah (PPP) menghembuskan nafas terakhir pada usia 84 tahun.

Disampaikan bahwa jenazah akan dimakamkan di kompleks pemakaman keluarga di Cisarua, Bogor, Jawa Barat, Rabu siang ini, “siang nanti setelah solat zuhur,” ujar Arwani.

Hamzah Haz merupakan wakil presiden yang mendampingi Presiden ke-5 RI Megawati Soekarnoputri. Ia menjabat Wapres pada 2001 hingga 2004.

Selain pemimpin Partai dan Wakil Presiden RI, sebelumnya Hamzah Haz pernah menjabat sebagai Menteri Investasi pada era Presiden BJ Habibie, dan juga menjadi Wakil Ketua DPR RI serta Menko Kesra era Presiden Abdurrahman Wahid (Gus Dur).

Lahir di Ketapang, Kalimantan Barat, pada 15 Februari 1940, Hamzah Haz sudah aktif berorganisasi sejak muda. Hamzah mengawali karier sebagai guru pada 1960 dan sempat menjadi wartawan hingga pemimpin umum surat kabar di Pontianak.

Masih melansir CNNIndonesia, Juru Bicara Plt Ketum PPP Mardiono, Imam Priyono, turut menyampaikan belasungkawa atas wafatnya pemimpin partai berlambang Ka’bah (PPP) Hamzah Haz. Kini jenazah berada di rumah duka, kawasan Matraman, Jakarta Pusat.

“Kami tentu berdukacita yang dalam atas wafatnya salah satu tokoh, panutan, dan orang tua kami di Partai Persatuan Pembangunan,” kata Imam.

 

Penulis: Tim Admin