Korban Kecelakaan Speedboat vs Kapal Tongkang di Teluk Balikpapan Ditemukan Meninggal Dunia

Proses evakuasi korban (Zaki) kecelakaan kapal di Teluk Balikpapan, PPU.

Halokaltim, Balikpapan – Kantor Pencarian dan Pertolongan (KPP) Balikpapan menerima laporan penemuan jasad pria yang mengambang di perairan Teluk Balikpapan, Kabupaten Penajam Paser Utara (PPU), Senin (22/7/2024) petang.

Jasad pertama kali ditemukan oleh salah satu ABK yang tengah melintas, dan kemudian menginformasikan ke Tim Basarnas Balikpapan yang langsung bergerak menuju lokasi penemuan itu dilaporkan.

Adapun diketahui Basarnas setempat bersama unsur terkait lainnya tengah dalam giat operasi SAR gabungan pencarian korban hilang akibat laka air speedboat dan kapal tongkang yang terjadi sehari sebelumnya.

Sesampainya di TKP benar saja jasad tersebut korban yang dimaksud, “Tim SAR gabungan mengevakuasi korban atas nama Zaki dalam keadaan meninggal dunia, 150 meter dari lokasi kejadian,” ungkap Kepala Seksi Operasi dan Siaga KPP Balikpapan, Endrow.

Kepala Seksi Operasi dan Siaga KPP Balikpapan, Endrow.

 

“Setelah ditemukan, korban dievakuasi ke Rumah Sakit Bhayangkara Polri Balikpapan,” sambungnya.

Proses pencarian Zaki oleh Tim SAR gabungan.

Sebagaimana informasi yang diterima Basarnas sebelumnya, telah terjadi kecelakaan antara Speadboat Surveyor dengan 7 orang penumpang menabrak kapal tongkang TK.RM 3209 di perairan Teluk Balikpapan, Minggu (21/7/2023).

Zaki (12) merupakan salah satu dari 7 penumpang speedboat yang menjadi korban. Adapun saat kejadian 5 orang diantaranya berhasil selamat, sedangkan 1 lainnya meninggal dunia dan dievakuasi ke RSUD Kanudjoso Djatiwibowo.

Unsur SAR gabungan menutup operasi pencarian korban (Zaki).

Unsur SAR yang terlibat:

1. Tim Rescue Kantor SAR Balikpapan

2. POS AL PPU

3. Polair Polres PPU

4. Sat Brimob Balikpapan

5. Polairud

6. KPLP Balikpapan

7. INAFIS Polda Kaltim

8. BPBD Balikpapan

9. BPBD PPU

10. Banda Indonesia

11. Info Bencana

12. Masyarakat dan Nelayan

 

Penulis: Andika Putra Jaya