Singgung Peningkatan Pariwisata Masih Kecil, Faizal Rachman Dorong Proses Dari Berbagai Sektor

Halokaltim, Sangatta – Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Kutai Timur (Kutim) membahas peningkatan pariwisata yang ada di Kutim.

Faizal Rachman mengatakan bahwa untuk peningkatan Pendapatan Domestik Regional Bruto (PDRB) bidang pariwisata itu sendiri masih kecil, dan hingga saat ini PDRB yang besar masih dirajai sektor pertambangan.

“Makanya kita sudah wanti-wanti dengan adanya mekar dari tahun 1999 yang sekarang udah hampir 20 tahunan, kalau 20 tahun visi kita dari awal ada yang mekar itukan kita pengen mandiri di bidang agribisnis,” ujarnya pada saat di temui oleh awak media di ruang kerjanya, Kantor DPRD Kutim, Senin (22/7/2024).

Ia mengatakan bahwa sedari 20 tahun lalu sampai dengan sekarang PDRB terbesar masih di sektor pertambangan. Sumber APBD masih di topang dari dana transfer di kisaran 80-90%.

“Dan hal ini sangat membahayakan karena kalau suatu saat tambang kita habis berarti APBD kita gak ada dana transfer itu, makanya sebisa mungkin APBD itu bisa mengarahkan ke kemandirian kebidang pertanian,” jelasnya.

Faizal menekankan perlunya perubahan strategi di APBD yang saat ini menuju akhir periode Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD).

“Makanya itu yang saya sampaikan APBD sekarang ini tolong diingatkan karena kita ini sudah masuk tahun terakhir dari RPJMD yang ditetapkan,” pungkasnya.