Bahas Festival Pemuda Hingga PDRB, Faizal Rachman: Penting Untuk Ekonomi Kita

Halokaltim, Sangatta – Faizal Rachman, Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Kutai Timur (Kutim) menyoroti kegiatan Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) yang menggelar event Festival Pekan Raya pemuda.

Menurutnya, kegiatan ini penting sebagai wadah bagi pemuda untuk menampilkan talenta, mengembangkan bakat dan keberaniannya.

Hal ini disampaikan saat dijumpai oleh awak media di ruang kerja Faizal Rachman, Kantor DPRD Kutim, Senin (22/7/2024).

Faizal juga menekankan perlunya dukungan terus-menerus dari pemerintah terkait untuk kegiatan semacam ini.

“Hal ini sudah saya sampaikan kepada dinas terkait untuk selalu memberi support dan harus selalu dilakukan. Dan memang dalam sejarahnya tidak bakal bisa berdiri sendiri tapi harus di ikutkan dengan kegiatan UMKM,” ujarnya.

Kemudian, ia mengungkapkan bahwa kegiatan-kegiatan memang direncanakan dan direalisasikan dengan APBD untuk mencapai suatu visi.

“Yang telah disebutkan juga bahwa APBD itu harus bisa mendongkrak ekonomi, didalam APBD itu sendiri juga dicantumkan beberapa fungsi dan salah satu fungsinya adalah stabilisasi yang bagaimana APBD itu bisa mendorong peningkatan Pendapatan Domestik Regional Bruto (PDRB),” ungkapnya.

Selanjutnya, dirinya mengatakan bahwa pertumbuhan ekonomi itu diukur dari PDRB, yang bagaimana PDRB bisa menopang sehingga penjualan produk-produk masyarakat bisa menjadi tumbuh dan PDRB bisa naik.

“Naiknya PDRB itu sendiri tentu bisa meningkatkan ekonomi kita akan menjadi besar, karena juga sudah tercantum target peningkatan ekonomi kita dalam setahun itu berapa,” tuturnya.

“Pemerintah bukan hanya menganggarkan masing-masing OPD tapi Pemerintah juga memiliki target yang harus dicapai, dan bagaimana target-target tersebut bisa dicapai dengan APBD yang disahkan, makanya jika ingin APBD tercapai harus dengan APBD yang berbasis kegiatan masyarakat,” pungkasnya.