Disperindag Kukar Segera Melaksanakan Pelatihan UMKM Di Sejumlah Kecamatan

Halokaltim, Kutai Kartanegara – Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Kabupaten Kutai Kartanegara akan menyelenggarakan pelatihan untuk pelaku usaha mikro kecil menengah (UMKM di wilayah Kecamatan Kembang Janggut dan Kenohan. Hal tersebut disampaikan secara langsung oleh Kepala Bidang Informasi, Promosi dan Industri, Disperindag Kukar, Hamidin, pada Jumat, 19 Juli 2024.

 

“Pelatihan ini akan dilaksanakan pada tanggal 23 Juli 2024, kami ingin masyarakat yang ada di wilayah Kukar yang memiliki produk-produk unggulan dapat terbantu dengan adanya pelatihan ini.” jelas Hamidin.

 

Ia kemudian mengatakan bahwa pihak dinas dalam pelatihan yang segera diselenggarakan akan lebih fokus kepada pengemasan produk. Ditambah membuat standarisasi dalam produk olahan agar menerima sertifikasi halal.

 

“Kami berharap masyarakat khusus pelaku usaha dapat ikut dalam pelatihan tersebut.” katanya.

 

Harapannya melalui kegiatan ini dapat membantu para pelaku usaha untuk mengembangkan usahanya dan menciptakan produk yang berkualitas. Disamping itu, dengan produk UMKM yang berkualitas di harap mampu memperluas pangsa pasar dan akhirnya meningkatkan perekonomian masyarakat di daerah Kukar.

 

Ia juga menambahkan dari 20 kecamatan yang ada di Kukar ini harus memiliki produk unggulan yang tentunya memiliki nilai jual, bermutu dan telah tersertifikasi kehalalannya.

 

“Sebagai contoh di Kecamatan Tenggarong ini ada 10 Kelurahan dan 2 Desa, dan diantaranya itu harus memiliki produk unggulan dalam bentuk produk makanan maupun kerajinan,” urainya. (*adv/diskominfokukar)