Pemkab Kukar Berupaya Fasilitasi Jaringan Internet Di Seluruh Sekolah Dasar

Halokaltim, Kutai Kartanegara – Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Kutai Kartanegara berupaya memfasilitasi sejumlah sekolah dasar (SD) yang tidak memiliki jaringan internet di daerah. Sebagai cara memuluskan upaya tersebut, Didkbud berkolaborasi dengan Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kukar untuk menyediakan jaringan internet di lokasi sekolah dasar dengan status blank spot.

 

Hal tersebut disampaikan secara langsung Kepala Bidang Pendidikan SD Disdikbud Kukar, Ahmad Nurkhalis. Ia menjelaskan, jaringan internet sangat dibutuhkan untuk mendukung kegiatan pendidikan pada sejumlah SD di Kukar.

 

“Kami berharap kerja sama ini bisa ditindaklanjuti oleh Diskominfo sehingga ketersediaan jaringan telekomunikasi dapat di-support oleh mereka. Karena banyak administrasi keuangan dan pendidikan yang sekarang harus online,” kata Nurkhalis, Kamis, 18 Juli 2024.

 

Ia kemudian melanjutkan penjelasan, ketersediaan jaringan telekomunikasi untuk sejumlah sekolah amat sangat penting di Kukar, sebab bukan saja untuk memperlancar aktivitas belajar mengajar, namun turut mempermudah urusan administrasi sekolah. Pasalnya diketahui, saat ini aktivitas mulai dari laporan keuangan sekolah telah berbasis digital. Oleh sebab itu dukungan pemerintah untuk menyediakan jaringan internet merata di daerah sangat diperlukan.

 

“Komunikasi sudah ada, beberapa kali rapat telah dilaksanakan, dan mudah-mudahan ini bisa terlaksana,” harapnya.

 

Nurkhalis menyebutkan, lembaga pendidikan yang masih memiliki kendala berada di wilayah hulu dan pesisir. Di antaranya Kecamatan Tabang, Kembang Janggut, serta Anggana. Ia berharap, Diskominfo Kukar bisa segera menindaklanjuti secara bertahap agar administrasi sekolah berbasis online bisa dijalankan maksimal.

 

”Kami harap bisa ditindaklanjati bertahap, mungkin dengan menurunkan alat penguat sinyal atau cara lainnya, kami menunggu informasi lebih lanjut dari Diskominfo,” akhirinya. (*adv/diskominfokukar)