Mulyono Harap Tujuan dari Festival Sekerat Tiap Tahunnya Menghasilkan Capaian yang Membanggakan

Kadisdikbud Kutim, Mulyono

Halokaltim – Festival Nusantara Sekerat III 2024 kembali dihelat. Event yang terlaksana untuk kali ketiga ini digelar melalui kolaborasi Dinas Pariwisata dan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Kabupaten Kutai Timur (Kutim).

Bertempat di Desa Sekerat, Bengalon, kegiatan itu dibuka langsung Bupati Kutim, Ardiansyah Sulaiman, dan dihadiri sejumlah pimpinan instansi terkait, serta jajaran perwakilan forkopimda, juga pemerintah setempat, Selasa (16/7/2024) malam.

Kepala Disdikbud Kutim, Mulyono dalam kesempatannya memberikan sambutan hangat malam pembukaan Festival Sekerat Nusantara III itu, menuturkan beberapa poin capaian yang menjadi tujuan dari event budaya tahunan tersebut.

“Minimal ada 3 hal yang ingin kita capai. Pertama tentu ingin adat istiadat, seni budaya, dan ritual yang ada di Kutai Timur, khususnya di Sekerat ini terus terlestarikan. Itu harapan kita yang pertama,” tuturnya.

Lebih lanjut Mulyono menyampaikan tujuan lainnya perihal sektor pariwisata di Desa Sekerat yang kemudian berdampak pada perkembangan perputaran ekonomi yang semakin meningkat.

“Semoga pariwisatanya semakin maju kedepannya, dan dengan event ini kegiatan ekonomi masyarakat juga meningkat,” harapnya.

Sebagaimana dalam festival turut dilibatkan juga pelaku UMKM dan Bazar yang dilaksanakan selama seminggu. Berikut juga dirangkai dengan berbagai lomba tradisional serta sejumlah hiburan rakyat.

Selain itu, pembukaan festival Nusantara Sekerat III tersebut juga dirangkai dengan peresmian PLN 24 jam, “Selamat buat Desa Sekerat, mudah-mudahan seluruh desa yang ada di Kutim dapat menikmati listrik PLN 24 jam,” pungkasnya.

 

 

Penulis: Andika Putra Jaya