Kukar Festival Budaya Nusantara 2024 Resmi Berakhir

Halokaltim, Kutai Kartanegara – Asisten II Bidang Ekonomi dan Pembangunan Sekretariat Daerah Kabupaten Kutai Kartanegara (Kukar) Ahyani Fadianur Diani menutup gelaran Kukar Festival Budaya Nusantara (KFBN) 2024. Kegiatan tersebut berlangsung pada Sabtu malam, 13 Juli 2024, di halaman Kantor Bupati Kukar.

Dalam acara tersebut turut hadir sejumlah perwakilan unsur Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda). Antara lain, Kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD) dan camat di Kukar, pengurus paguyuban,tokoh masyarakat, pemuka agama dan tokoh pemuda.

Membacakan sambutan Bupati Edi Damansyah, Ahyani mengatakan KFBN ini merupakan salah satu event unggulan di Kukar, dan merupakan bagian dari Program Kutai Kartanegara Kaya Festival (K3F). Diketahui dahulunya KFBN bernama Festival Tenggarong International Folk Art Festival (TIFAF), yang memprioritaskan penampilan seni budaya lokal dan internasional.

“Sekarang, KFBN ini tidak hanya menjadi wadah untuk menampilkan keindahan seni dan budaya, tetapi juga sebagai sarana untuk mempromosikan keberagaman dan memperkuat persatuan masyarakat,” katanya.

Bupati berterimakasih kepada semua Tim Kesenian Nusantara yang sudah tampil mengisi panggung seni di Tenggarong. Tim kesenian ini berasal dari Buton Sulawesi Tenggara, Manggarai Barat Provinsi Nusa Tenggara Timur, Kota Batam Riau, Kota Makassar, Kota Palopo, dan Kabupaten Gowa yang mewakili Provinsi Sulawesi Selatan, kemudian dari Provinsi Maluku, serta Kelompok Seni, Paguyuban, dan 20 Kecamatan yang berada di Kukar.

Lima hari pelaksanaan event tentunya memberikan dampak berganda (Multi Flyer Effect) terhadap ekonomi masyarakat dan jumlah kunjungan. Hal ni merupakan bagian dari upaya pencapaian program K3F dan Program Kukar Kreatif Idaman yang berjalan secara paralel dan sesuai dengan rancangan pembangunan jangka panjang daerah (RPJMD) yakni memperkuat pembangunan ekonomi daerah melalui pariwisata dan ekonomi kreatif.

Selanjutnya, Ia menyampaikan terimakasih kepada seluruh masyarakat Kukar yang telah mendukung dan membantu dalam pelaksanaan event KFBN. “Kami berterimakasih kepada seluruh pihak di daerah, karena sudah menjadi tuan rumah yang baik untuk menyambut tamu wisatawan lokal maupun nasional,” akhiri. (*adv/diskominfokukar)