Desa Batuah Gelar Kegiatan Sunatan Massal

Foto bersama sejumlah peserta khitanan massal (*/ist)

Halokaltim, Loa Janan – Pemerintah Desa Batuah, Kecamatan Loa Janan, Kutai Kartanegara, menggelar kegiatan sunatan masal. Kegiatan tersebut bertajuk “Dari Warga untuk Warga” dan diketahui acara tersebut adalah hasil dari inisiasi dan swadaya pemerintah dan warga setempat.

Melalui Ketua Forum RT Desa Batuah, Muhammad Taufiq, menjelaskan kegiatan tersebut bisa terselenggara karena dukungan sejumlah pihak di wilayah desa. Salah satunya melalui uang patungan dari ratusan warga di seluruh rukun tetangga.

Konsepnya ketua-ketua RT mengumupulkan dana, kemudian dihitung berapa anak yang akan dibantu. Dari hasil perhitungan anggaran akhirnya bisa mencukupi 37 anak yang mendapatkan bantuan

“Sebenarnya semakin banyak dananya, semakin banyak warga yang bisa kami bantu,” kata pria yang akrab disapa Taufiq, itu pada Kamis, 11 Juli 2024, saat di temui usai kegiatan sunatan massal tersebut.

Taufiq kemudian menjelaskan, kegiatan ini juga menggandeng tenaga kesehatan profesional, untuk melaksanakan khitanan massal. Dalam kegiatan tersebut juga pihak medis menggunakan metode modern sehingga anak-anak yang mengikuti khitanan hanya butuh waktu 3 hari untuk pemulihan.

“Kami ingin ikut meringankan beban warga Batuah, semoga ke depan makin banyak anak-anak bisa dibantu,” bebernya.

Dikonfirmasi setelahnya, Kepala Desa Batuah Abd Rasyid memberikan apresiasi kepada Forum Ketua RT Desa Batuah karena sudah membantu pemerintah. Terutama karena keberhasilan pihak RT telah melaksanakan kegiatan khitanan massal di wilayah desea.

“Semoga semangat kebersamaan ini bisa dicontoh oleh lembaga lainnya dan akan menjadi penyemangat warga Batuah untuk terus berusaha ikut mempercepat tercapainya program-program di Desa Batuah,” akhirinya. (*adv/diskominfokukar)