Disdikbud Kukar Nilai Bimtek Peran Kepala SMP Sangat Penting

Halokaltim, Kutai Kartanegara – Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Kukar mengapresiasi kegiatan bimbingan teknis (bimtek) peran kepala sekolah menengah pertama (SMP), yang digelar oleh Forum Musyawarah Kerja Kepala Sekolah (MKKS). Diketahui kegiatan tersebut di hadiri 153 kepala SMP dari seluruh wilayah Kukar, dan berlangsung di SMPN 1 Tenggarong, pada Rabu, 10 Juli 2024.

 

Menurut Kepala Seksi (Kasi) Penjaminam Mutu dan Kelembagaan SMP Disdikbud Kukar, Emi Rosana Saleh, bahwa kegiatan itu membahas peran Komite Sekolah di dalam pengembangan mutu satuan pendidikan. Pelaksanaan bimtek ini luar biasa, karena selama membina sekolah, baru ini MKKS itu menghadirkan narasumber dari luar daerah.

 

“Tujuannya untuk memberikan pencerahan kepada Kepala Sekolah di Kukar, dalam rangka meningkatkan mutu pendidikan pada satuan pendidikan,” ucap Emy.

 

Kegiatan ini sangat penting untuk dilaksanakan, agar tak terjadi salah persepsi antara bantuan maupun pungutan terhadap pihak sekolah. Nantinya juga akan ada pertanggungjawabannya dari Komite Sekolah.

 

Dirinya melihat langsung proses bimtek tersebut, terkait sejauh mana peran Komite Sekolah selama ini. Kemudian bantuan bantuan yang diberikan kepada sekolah, bagaimana regulasinya. Sehingga hal itu tak dianggap pungutan liar oleh masyarakat maupun penegak hukum.

 

“Kita sangat terbuka sekali terhadap pencerahan itu, bahwa antara pungutan dan bantuan itu berbeda. Di dalam forum itu Komite boleh saja memberikan bantuan kepada Sekolah dan itu tak dianggap pungutan,” katanya.

 

Harapannya melalui kegiatan tersebut Kepala Sekolah atau Komite Sekolah bisa paham terhadap perannya. Sehingga proses pembelajaran juga berjalan lancar.

“Kami berpesan kepada pihak sekolah, untuk terlibat aktif terhadap Komite Sekolah baik itu terkait perencanaan maupun pengembangan sekolah,” akhirinya. (*adv/diskominfokukar)