Petani Kukar Terus Menerima Manfaat Dari Bantuan Pemerintah Daerah

Halokaltim, Kutai Kartanegara – Pemerintah Kabupaten Kutai Kartanegara (Kukar) terus berupaya mengembangkan sektor pertanian. Sebagai salah satu upaya tersebut, dengan memberikan bantuan kepada kelompok tani aktif di sejumlah wilayahnya.

Salah satu kelompok tani yang merasakan kehadiran pemerintah dalam pengembangan ekonomi mereka Kelompok Tani Parahyangan di Desa Jembayan, Kecamatan Loa Kulu. Kelompok Tani ini mendapat kesempatan dikunjungi oleh Bupati Kukar Edi Damansyah, pada Kamis, 4 Juli 2024.

Saat datang ke lahan pertanian mereka yang terletak di RT 12 Desa Jembayan ini, terdapat banyak komoditas pertanian dari hortikultura sampai padi. Ketika menyambut Bupati, Poktan ini menyuguhkan orang nomor satu di Kukar tersebut dengan ubi-ubian rebus dan salah satu komoditas unggulan mereka, jeruk siam madu.

“Pada kesempatan ini saya ingin menyampaikan terima kasih kepada bapak Edi Damansyah. Karena telah membantu poktan kami melalui program-programnya yang sangat berpihak terhadap petani,”kata Ketua Poktan Parahyangan, Juanda.

Ia mengatakan, bantuan alsintan hingga pupuk yang disalurkan Pemkab Kukar sangat membantu menunjang produktivitas poktannya. Di lahan pertanian Poktannya, ia memiliki beberapa komoditas unggulan. Mulai dari jeruk siam madu, alpukat, jambu Kristal hingga durian musang king.

Bahkan, pihaknya saat ini mulai menjajaki perikanan dan peternakan. Ia turut mengungkapkan kehadiran program Kukar Kredit Idaman, yang ikut membantu permodalan poktannya.

“Alhamdulillah bantuan yang diberikan pemerintah juga sangat banyak, dari alsintan kemudian pupuk. Ada juga dari Kukar Kredit Idaman kita sangat terbantu,” ungkapnya.

Dalam sebulan, pertanian Juanda bisa menghasilkan omzet hingga Rp30 Juta lebih. Poktannya yang beranggotakan 17 orang petani ini bisa meraup keuntungan lebih dari ratusan juta dalam setahun.

Pihkanya mengungkapkan rencana pengembangan agrowisata kepada Bupati. Dengan kehadiran pertanian Poktannya, ia optimis agrowisata ini bisa menjadi destinasi unggulan saat ke Desa Jembayan. Sehingga mereka dukungan lebih dari Pemkab Kukar, khususnya di infrastruktur konektivitas.

“Harapannya dengan rencana agrowisata ini pak Bupati bisa perhatikan infrastruktur kami. Karena kami yakin ini bisa menjadi agrowisata unggulan di Jembayan,” pungkasnya. (*adv/diskominfokukar)