Dinas Kelautan dan Perikanan Kukar Gelar Sosialisasi Penggunaan Mesin Perahu

Sosialisasi Penggunaan Mesin Perahu digelar (*/ist)

Halokaltim, Kutai Kartanegara – Dinas Kelautan dan Perikanan (DKP) Kabupaten Kutai Kartanegara (Kukar) mengeglar sosialisasi tentang penggunaan mesin ketinting dan diesel merek Shark kepada puluhan nelayan pada Kamis, 4 Juli 2024. Puluhan nelayan baik itu nelayan sungai maupun nelayan pesisir mengikuti sosialisasi tersebut di kantor DKP Kukar.

Kepala Bidang Pengelolaan Perikanan Tangkap DKP Kukar Asli Husaini menerangkan agenda tersebut merupakan bagian dari program Dedikasi Kukar Idaman mengenai fasilitasi penyediaan sarana dan prasarana bagi nelayan dan pembudidaya ikan. “Salah satunya penyediaan mesin, baik mesin ketinting maupun diesel” terang Asli.

Mesin ketinting dan diesel merek Shark merupakan hasil produksi dari PT Sharprindo Dinamika Prima, sebuah Perusahaan yang berdiri sejak tahun 1984 bergerak pada industri manufaktur dengan produk yang dihasilkan diantaranya kompresor, mesin pertanian, kelautan dan UMKM.

Lebih lanjut Asli menjelaskan, hal tersebut sesuai dengan Instruksi Presiden (Inpres) Nomor 2 tahun 2022 tentang percepatan peningkatan produk dalam negeri. Dipersyaratkan bahwa belanja barang dan jasa yang dilakukan pemerintah harus menggunakan produk dalam negeri yang memiliki nilai Tingkat Komponen Dalam Negeri (TKDN).

“TKDN nya paling sedikit 25 persen dan nilai bobot manfaat Perusahaan minimal 40 persen, jadi ini sangat mendukung sekali untuk program Dedikasi apalagi terkait dengan penggunaan produk dalam negeri” jelasnya.

Ujang Supriatna perwakilan dari menejemen PT Sharprindo Dinamika Prima menyebutkan, mesin Shark memiliki keunggulan dimana blok mesinnya menggunakan material standart otomotif, dual bahan bakar bisa menggunakan bahan bakar minyak (bbm) dan bahan bakar gas (bbg), mesin mudah dihidupkan. “Sparepart tersedia ditoko-toko Teknik, di Kalimantan kita juga ada distributornya di Balikpapan” sebut Ujang.

Sementara itu, Yudi salah seorang nelayan asal Kecamatan Loa Kulu menyambut baik sosialisasi tersebut, Ia berharap hasil produk dalam negeri terus berinovasi dan mampu bersaing, utamanya memberikan kemudahan khususnya bagi nelayan. “Kegiatan ini sangat penting dan bermanfaat bagi kami khususnya sebagai nelayan di daerah” akhirinya. (*adv/diskominfokukar)