Alokasi Anggaran Rp 60 Miliar, Ketua KONI Kutim Optimis Jadikan Kutim Kiblat Olahraga di Kaltim

Halokaltim, Sangatta – Ketua KONI Kabupaten Kutai Timur (Kutim), H. Rudi Hartono, menyampaikan terima kasih kepada Pemkab Kutai Timur, khususnya Wakil Bupati, atas dukungan anggaran yang signifikan untuk pembinaan dan kegiatan olahraga di Kutai Timur.

Hal itu ia sampaikan saat pembukaan Kejuaraan Dispora Cup 2024 se-Kalimantan, dari 29 Juni hingga 4 Juli 2024 yang dibuka secara simbolis oleh Wakil Bupati Kutai Timur pada Senin, (1/7/2024).

Dirinya menilai gelaran tersebut akan memberi nilai positif tersendiri untuk Kutai Timur dalam kancah olahraga panjat tebing.

“Optimis bahwa Kutai Timur akan menjadi kiblat olahraga panjat tebing di Kalimantan Timur.” ungkapnya.

Diketahui dalam kesempatan itu Wakil Bupati Kutai Timur mengumumkan bahwa Pemkab Kutai Timur mengalokasikan anggaran sebesar 60 miliar rupiah untuk pembinaan olahraga di daerah tersebut.

Pun menjadi salah satu hal yang meyakinkan Rudi Hartono bahwa panjat tebing di Kutim semakin diperhitungkan.
“Dengan anggaran yang besar, pembinaan olahraga di Kutai Timur dapat semakin maju dan menjadikan Kutai Timur sebagai barometer cabang olahraga dengan fasilitas yang lengkap,” jelas Kasmidi.

Ketua panitia pelaksana, Ahyar Asdin, melaporkan bahwa jumlah atlet yang bertanding sebanyak 83 orang, dengan kategori yang dipertandingkan meliputi Lead dan Speed Klasik U10-13 putra-putri, Lead dan Boulder 14-17 putra-putri, serta Lead, Boulder, Speed Klasik, dan Speed Word Record kelas Umum putra-putri.

Terdapat 7 kabupaten yang mengirimkan atlet mereka, dengan total 80 atlet, serta tambahan 3 atlet dari Provinsi Kalimantan Utara.

Kejuaraan ini diharapkan dapat meningkatkan kualitas dan semangat atlet panjat tebing di Kalimantan Timur dan sekitarnya, serta menjadi ajang yang bergengsi dalam pembinaan olahraga di daerah tersebut.