Momen Idul Adha 1445H, Wabup Kasmidi: Tingkatkan Solidaritas dan Kualitas Ibadah

Halokaltim, Sangatta Utara – Wakil Bupati (Wabup) Kutai Timur (Kutim), Kasmidi Bulang, mengajak seluruh warga muslim memanfaatkan momen Idul Adha 1445 H tahun 2024 sebagai inspirasi untuk tingkatkan solidaritas sosial dan kualitas ibadah.

Hal ini disampaikan Wabup Kasmidi Bulang, saat membacakan sambutan Bupati Ardiansyah Sulaiman sebelum pelaksanaan shalat Idul Adha di Masjid At-Taubah, Senin (17/06/2024) pagi.

Dalam sambutannya, Wabup Kasmidi menegaskan pentingnya menjadikan semangat pengorbanan Idul Adha sebagai landasan untuk membantu mereka yang kurang beruntung dan berkontribusi pada kesejahteraan bersama.

Pemerintah Kutim terus mendorong agar perayaan Idul Adha tidak hanya memiliki makna ritual keagamaan, tetapi juga dimensi sosial dan akuntabel yang memberikan manfaat bagi seluruh masyarakat.

“Harapannya, penyembelihan hewan qurban tersebut memiliki nilai yang kompleks, meliputi nilai ibadah, solidaritas sosial kepada kalangan dhu’afa serta nilai akuntabilitas,” ungkapnya.

Selain itu, Wabup Kasmidi mengingatkan bahwa Idul Adha bukan hanya tentang ritual qurban dan haji, tetapi juga waktu untuk merenungkan dan memperkuat hubungan dengan Allah SWT.

Ia mengajak seluruh umat muslim untuk melakukan instrospeksi, memperbaiki diri dan meningkatkan kualitas ibadah serta amal.

“Dengan dorongan segenap komponen masyarakat, diharapkan dapat dirasakan atmosfir semangat pembangunan yang tengah digalakkan oleh Pemerintah daerah untuk mencapai visi misi mewujudkan Masyarakat Kutai Timur yang Sejahtera untuk Semua,” tutupnya.