Disdikbud Kukar Gelar Pelatihan Peningkatan Kompetensi Guru Bahasa Indonesia

Pelatihan Peningkatan Kompetensi Guru Bahasa Indonesia (*/ist)

Halokaltim, Tenggarong – Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Kukar menggelar kegiatan peningkatan kompetensi guru tingkat sekolah menengah pertama (SMP). Kegiatan tersebut digelar melalui Musyawarah Guru Mata Pelajaran (MGMP) Bahasa Indonesia, dan berlangsung di Hotel Grand Fatma Tenggarong, Kamis, 13 Juni 2024.

Kegiatan tersebut diikuti oleh 200 guru Bahasa Indonesia dari 20 Kecamatan di Kukar. Diketahui kegiatan itu juga bertujuan untuk meningkatkan kompetensi para guru Bahasa Indonesia dalam meningkatkan mutu pendidikan di Kukar.

Analis Kebijakan Ahli Muda Bidang Kurikulum Disdikbud Kukar Baharuddin menjelaskan, dengan adanya peningkatan kompetensi itu, para guru harus dapat menerapkan ilmu di sekolah masing masing. Untuk dapat menerapkan ilmu tersebut, para guru harus mengikuti dengan serius dan memahami selama kegiatan berlangsung.

“Mereka (guru) harus mengikuti dengan serius. Supaya mereka makin bertambah ilmu atau wawasannya dan itu akan diterapkan pada proses pembelajaran di sekolah,” kata Baharuddin kepada awak media.

Ia kemudian mengatakan, Disdikbud Kukar berkomitmen terus meningkatkan kapasitas guru, mulai tingkat PAUD, SD, dan SMP di wilayah Kukar. Hal ini bertujuan mewujudkan sumber daya manusia (SDM) yang berkualitas mulai dari guru hingga peserta didik.

“Ini semua upaya pemerintah daerah, untuk menuju guru yang kreatif dan inovatif,” ucapnya.

Hal itu juga bagian dari realisasi visi dan misi Bupati Kukar. Sementara pihaknya meminta kepada seluruh guru, agar dapat memahami perkembangan teknologi sebagai metode pembelajaran termasuk penggunaan IT.

“Guru harus bisa menggunakan laptop dan sebagainya,” akhirinya (*adv/diskominfokukar)