Kemacetan Dan Kehabisan Bahan Bakar, Anggota Dewan Fitriyani: Tanggungjawab Utama Aparat Setempat Dalam Hal Pengamanan

Halokaltim, Sangatta – Terkait penertiban umum, salah satu lokasi yang menjadi sorotan adalah area Pertamina di jalan Pendidikan, Sangatta Utara. Masyarakat kerap mengeluhkan kemacetan panjang dan kehabisan bahan bakar yang terjadi di sepanjang jalan Pendidikan.

Hj Fitriyani, Anggota DPRD Kabupaten Kutai Timur, menyatakan bahwa meskipun telah dilakukan penindakan oleh pihak terkait, namun kemacetan tetap kembali terjadi dalam waktu singkat.

“Mengenai soal kemacetan itu sudah dilakukan sidak, tetapi dalam satu minggu saja sudah hilang dan kembali lagi macet,” ucapnya saat di temui oleh awak media di Kantor DPRD kutim, Sangatta Utara, Rabu (12/6/2024).

Menurutnya, tanggungjawab utama ada pada aparat setempat dalam perihal pengamanan di lapangan. Fitriyani juga menyoroti bahwa masalah ini khusus terjadi di Kalimantan Timur, sementara daerah lain tidak mengalami antrian panjang seperti yang kerap dikeluhkan.

“Sebenarnya tinggal dari aparat setempatnya lagi, karena dari kita pun sudah sering menyarankan untuk meminta tolong dari segi pengamanan. Sebenarnya hal ini hanya terjadi di Kalimantan Timur, karena di daerah lain tidak ada yang namanya antrian panjang seperti ini,” ujarnya.

Kemudian dirinya menegaskan perlunya mempertanyakan kepada pihak Pertamina mengenai kemungkinan pengurangan kuota BBM dan alasan di baliknya.

“Maka dari itu perlu ditanyakan dari pihak pertamina apakah kuotanya perlu kita kurangi atau tidak, jika memang kuotanya dikurangi itu (alasannya-red) kenapa,” tuturnya.