Disdikbud Kukar Gelar Bimtek PPBD Online 2024

Para peserta sangat antusias mengikuti Bimtek PPDB Online 2024 yang di gelar oleh Disdikbud Kukar (*/ist)

Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Kukar menggelar bimbingan teknis (Bimtek) Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) online, di Hotel Grand Fatma Tenggarong. Diketahui kegiatan tersebut berlangsung selama tiga hari sejak 11-13 Juni 2024.

Tercatat sebanyak 200 peserta hadir mengikuti Bimtek,antara lain 100 kepala sekolah tingkat sekolah dasar (SD) dan 100 operator PPDB asal SD di wilayah Kukar. Dalam kegiatan itu, sejumlah materi dan praktek pengoperasian aplikasi PPDB dilakukan.

Seksi Penjaminan Mutu dan Kelembagaan Sekolah Dasar, Disdikbud Kukar, Patahangi mengatakan, Tujuan bimtek tersebut ialah, untuk memudahkan akses layanan pendidikan khususnya tingkat SD kepada masyarakat.

“Jadi, masyarakat atau orang tua dapat mendaftarkan anaknya ke SD melalui online tanpa harus datang ke SD yang menjadi pilihannya,” kata Patahangi, pada Selasa, 11 Juni 2024.

Pihaknya mengaku, pelaksanaan PPDB online khususnya tingkat SD telah dilakukan sejak 2022 lalu. Memang masih ada sebagian sekolah untuk PPDBnya masih dengan metode manual, di wilayah sekolah tersebut kemungkinan jaringan internet kurang optimal.

“Bapak, Ibu guru tak perlu khawatir dengan metode PPDB online terhadap minat orang tua siswa untuk menyekolahkan anaknya di SD setempat. Apabila SD tersebut dinilai baik oleh orang tua atau masyarakat pastinya mereka mendaftarkan anaknya di SD tersebut,” ucapnya.

Ia menilai, dengan dibukanya PPDB online dapat menyediakan basis data yang lebih akurat. Karena semuanya sudah tersistematis, dan semua SD juga memiliki kualitas yang baik.

Disdikbud Kukar juga menekankan kepada pihak sekolah untuk selalu bersedia membantu orang tua siswa, dalam melaksanakan PPDB. Apabila ada pihak sekolah yang tak bersedia membantu, masyarakat dapat melaporkan hal itu ke Disdikbud Kukar.

“Apabila nanti ada SD yang tak bersedia membantu terhadap PPDB online bisa lapor ke kami (Disdikbud). Nanti akan kami tegur pihak sekolahnya dan dibantu untuk PPDB onlinenya,” tuturnya.

Disdikbud berpesan kepada seluruh peserta untuk dapat mengikuti bimtek tersebut dengan serius. Berikan kepuasan kepada masyarakat terhadap pelayanan pendidikan di Kukar, meningkatkan pelayanan pendidikan merupakan prioritas pemerintah daerah.

“Sektor pendidikan merupakan prioritas pemerintah daerah, maka dari itu pelayanan pendidikan terus kita tingkatkan,” akhiri Patahangi. (*adv/diskominfokukar)