Tingkatkan Keterampilan serta Memajukan Ekonomi Kreatif, Dispar Kutim Gelar Pelatihan Dasar Cokelat

Halokaltim, Sangatta – Pelatihan Dasar Cokelat di Kutai Timur resmi dibuka oleh Kepala Dinas Pariwisata Kutim, Nurullah, di Hotel Royal Victoria Sangatta, Senin (10/6/2024). Adapun kegiatan dijadwalkan selama 3 hari hingga 12 Juni mendatang.

Pembukaan pelatihan turut dihadiri oleh  Sekretaris Dispar Kutim,Tirah Satriani, Kabid Pengembangan Sumber Daya Pariwisata & Ekraf, Dian Anggraeni, Kabid Pemasaran Pariwisata, Yunitha Ronting, dan Kabid Pengembangan Ekraf, Rifanie, serta tamu undangan lainnya.

Acara itu menghadirkan Chef Joko Utoro (Excecutive Cheff) dari Hotel Royal Victoria beserta tim sebagai narasumber, membawakan materi pembuatan Brownies, Blackforest, Rumball, Goodtime, Rollcake, dan Nastar Coklat.

Disampaikan Nurullah bahwasanya sasaran pelatihan ini adalah para pelaku Ekraf sub sektor kuliner, dan generasi muda, dengan tujuan pengembangan kualitas dan wawasan yang berdampak luas bagi diri sendiri dan daerah.

“Tujuannya meningkatkan pengetahuan dan keterampilan mereka dalam mengolah cokelat, serta mendorong kemajuan ekonomi lokal,” bebernya.

Pemandu pelatihan itu, Joko Utoro mengatakan bahwa pelatihan ini mendapat antusias peserta yang tinggi, “Jadi kegiatan ini program Dinas Pariwisata untuk Ibu-Ibu dari berbagi kecamatan,” ucapnya.