Turnamen Bola Voli Loh Sumber Cup 2024 Resmi Dimulai

Foto bersama usai turnamen voli (*/ist)

Halokaltim, Loa Kulu – Desa Loh Sumber, Kecamatan Loa Kulu, Kutai Kartanegara (Kukar) secara resmi menggelar turnamen bola voli Loh Sumber Cup 2024. Dalam turnamen tersebut sebanyak 25 tim asal Kabupaten Kukar dan Kota Samarinda turut menjadi peserta. Sementara pertandingan perdana berlangsung di Taman Listerasi, Kecamatan Loa Kulu, pada Minggu, 9 Juni 2024.

Turnamen tersebut dibuka secara resmi oleh Camat Loa Kulu, Ardiansyah, bersama Kepala Polisi Sektor Loa Kulu, Ahmad Andika Prasetyo, di dampingi Kepala Desa Loh Sumber, Sukirno.

Sukirno sebagai pelaksana kegiatan menjelaskan, kegiatan turnamen voli ini terselenggara berkat dukungan banyak pihak. Antara lain, pemerintah kecamatan, Polisi Sektor (Polsek) Loa Kulu, termasuk perusahaan swasta yang beroperasi di wilayah kecamatan.

“Kegiatan ini juga sebagai rangkaian kegiatan untuk memeriahkan Hari Ulang Tahun (HUT) Bhayangkara ke-78, pada Juni 2024,” kata Sukirno.

Ia kemudian menguraikan, terpilihnya turnamen bola voli ini bertujuan sebagai ajang silaturahmi untuk pemain voli di wilayah Kutai Kartanegara dan seluruh daerah di Kalimantan Timur. Selain itu, ia mengungkap, melalui turnamen ini diharap mampu meningkatkan kecintaan mayarakat terhadap olahraga voli. Ditambah, adanya turnamen ini bisa menjadi cara menjaring calon-calon atlet berbakat untuk daerah.

“Kami juga berkomitmen bersama seluruh pihak untuk memperbanyak turnamen olahraga. Tujuannya sebagai tempat mencari bibit atlet yang nantinya bisa berprestasi untuk tingkat daerah hingga nasional,” tutur Sukirno.

Pria tersebut kemudian menerangkan, turnamen tersebut akan berlangsung selama 10 hari, mulai 9 hingga 20 Juni 2024 mendatang. Sementara sebagai peserta yaitu 25 tim voli, dengan kategori 15 tim putra dan 10 tim putri, dari sejumlah kecamatan di Kutai Kartanegara dan Kota Samarinda.

Sebelum mengakhiri, Sukirno berharap melalui kegiatan ini usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) setempat juga mampu menerima keuntungan. “Kita berharap ada perputaran ekonomi untuk masyarakat yang berjualan makanan dan minuman di sekitar lokasi pertandingan” akhirinya.

Dikonfirmasi setelahnya, Kepala Polisi Sektor Loa Kulu, Ahmad Andika Prasetyo, menambahkan penjelasan. Melalui turnamen bola voli yang juga masih dari rangkaian HUT Bhayangkara ke-78 ini, diharapkan akan membawa banyak manfaat untuk masyarakat setempat.

“Kami mendukung kegiatan positif ini untuk kesekian kalinya, tujuannya untuk meningkatkan motivasi para penghobi voli dan membantu menfasilitasi caln bibit-bibit atlet voli berprestasi,” tutupnya. (*adv/diskominfokukar)