Disdikbud Kukar Gelar Kegiatan Sosialisasi Pentingnya PAUD dan Cara Mencegah Stunting

Halokaltim, Tenggarong – Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Kutai Kartanegara menggelar kegiatan bertajuk sosialisasi pentingnya peran orang tua dalam mendidik anak dengan cara menyenangkan bagi mereka. Dalam kegiatan ini turut dihadiri oleh Bunda Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) Kukar Maslianawati Edi Damansyah dan Bunda PAUD se Kecamatan Tenggarong.

Melalui Sekretaris Dinas Pendidikan Kukar, Maria Ester, menjelaskan melalui sosialisasi ini banyak program pemerintah yang turut disampaikan kepada peserta. Antaranya upaya penurunan stunting di daerah, program wajib belajar selama 13 tahun, termasuk anak usia dini wajib mengenyam pendidikan PAUD).

“Kita berharap, setiap tahunnya partisipasi orang tua untuk menyekolahkan anaknya pada PAUD juga terus meningkat,” kata perempuan tersebut, pada Senin, 3 Juni 2024.

Ia kemudian menerangkan partisipasi orang tua dalam menyekolahkan anaknya tingkt PAUD di Kukar, baru mencapai 60 persen. Hal ini menjadi tanggung jawab bersama untuk memberikan pemahaman kepada masyarakat, betapa pentinya PAUD dalam mewujudkan SDM berakhlak mulia dan berkualitas.

“Kami komitmen akan memberikan pemahaman masyarakat terkait dengan PAUD melalui parenting. Parenting ini akan dilaksanakan di seluruh Kecamatan se Kukar,” sebutnya.

Dikonfirmasi setelanya, Maslianawati Edi Damansyah mengatakan, memberikan pendidikan pada anak usia dini sangat penting agar terwujudnya Sumber Daya Manusia (SDM) berakhlak mulia dan berkualitas. Untuk itu para orang tua dapat memahami arah pendidikan anak anak.

“Saat ini PAUD mencakup usia 0-8 tahun, kalau sebelumnya PAUD itu usia 0-6 tahun,” kata Maslianawati

Selain pendidikan, penanganan stunting juga menjadi fokus. Pastinya dengan kolaborasi yang baik antar puskesmas, posyandu, maupun OPD terkait busa menekan angka stunting di Kukar.

“Kami juga terus melakukan penyuluhan tentang pentingnya makanan sehat untuk meminimalir stunting kepada anak usia dini di wilayah Kukar,” akhiri Maslinawati. (*adv/diskominfokukar)