Dispar Kukar Imbau Wisatawan Agar Jaga Kebersihan Saat Berkunjung ke Objek Wisata Daerah

Ridha Fatrianta (*/ist)

Halokaltim, Kutai Kartanegara – Dinas Pariwisata (Dispar) Kabupaten Kutai Kartanegara (Kukar) meminta kepada masyarakat untuk dapat menjaga kebersihan saat berkunjung ke sejumlah objek wisata yang berada di Kukar. Imbauan ini bertujuan untuk memastikan bahwa kawasan wisata daerah tetap terjaga kebersihan dan keindahannya.

Imbauan tersebut disampaikan secara langsung oleh Kepala Bidang (Kabid) Pengembangan Destinasi Pariwisata, Ridha Fatrianta. ia mengatakan bahwa masalah sampah menjadi salah satu persoalan yang belum dapat teratasi secara maksimal di daerah, terutama di sejumlah wilayah objek wisata milik pemerintah.

Menurutnya menjaga kebersihan pada sejumlah destinasi wisata Kukar, adalah tanggungjawab bersama seluruh pihak, terutama oleh pelancong saat berkunjung di sejumlah objek wisata. “Pengelola objek wisata dan pengunjung seharusnya memiliki rasa tanggung jawab yang lebih besar untuk menjaga keberlanjutan sektor pariwisata di Kukar,” ungkap Ridha, pada Senin, 2 Juni 2024.

Ridha menambahkan bahwa kesadaran bersama untuk menjaga lingkungan sangat penting. Pengelola memiliki peranan penting dalam pemeliharaan fasilitas dan kebersihan, namun wisatawan juga harus ikut serta menjaga kebersihan dan ketertiban.

“Sementara pengelola bertanggung jawab atas pemeliharaan fasilitas dan kebersihan, wisatawan diharapkan untuk ikut menjaga kebersihan dan ketertiban,” katanya.

Selama ini, tidak jarang objek wisata yang kurang tertata dari segi kebersihan, meskipun pengelola telah menyediakan tempat sampah di lokasi tersebut. Hal ini menjadi perhatian serius dari Dispar Kukar untuk menumbuhkan kesadaran masyarakat agar menjaga kebersihan lingkungan.

“Menjaga kebersihan dan ketertiban adalah tanggung jawab bersama antara pengelola dan pengunjung. Ini termasuk membuang sampah pada tempatnya dan mengawasi anak-anak,” akhiri Ridha. (*adv/diskominfokukar)